Jam Saku yang Termurah Rp56 miliar Meskipun barang kuno, beberapa jam saku di dunia dibandrol dengan harga yang fantastis. (Foto: H Fusion Media Group)

JAM saku mungkin tidak populer di zaman now. Jam tangan adalah pilihan yang paling populer. Mungkin karena tidak banyak yang memakai, beberapa jam saku bisa ditaksir mencapai miliaran rupiah.

Menurut laman Money Inc. jam saku adalah simbol status kalangan atas pada abad 18-19. Hanya orang-orang tertentu yang mampu membelinya. Dan di abad ke-18 banyak orang menggunakannya sebagai simbol status.

Baca Juga:

Hati-Hati Jam KW, Begini Cara Tahunya


Patek Philippe Star Caliber 2000, Rp56 miliar

Patek Philippe Star Caliber 2000
Membutuhkan presisi untuk membentuk jam tangan yang terdiri dari ratusan part. (Foto: BizBash)

Merk jam saku ini berasal dari Jenewa, Swiss yang dibuat pada 1839 atau sudah berumur 180 tahun. Jam saku ini sangat mahal karena proses pembuatan yang membutuhkan presisi dari ratusan bagian yang harus berjalan bersamaan tanpa cacat. Dari desainnya, jam saku ini terlihat mewah dengan lapisan emas dan berkilau. Jika seseorang berminat untuk mengoleksinya, jam saku ini dihargai sebesar USD4 juta atau sekitar Rp56 miliar.


Breguet Antique Number 2667, Rp66 miliar

Breguet Antique Number 2667
Menggunakan material berkualitas premium menjadi alasan mengapa jam saku ini mahal. (Foto: Alux)


Merek Breguet berasal dari L’Abbaye, Swiss didirikan oleh Abraham-Louis Breguet. Salah satu faktor kenapa jam saku ini bisa mahal adalah material yang digunakan yakni berkualitas premium. Berbeda dengan merk lain yang hanya menggunakan satu pergerakan waktu, Breguet Antique Number 2667 ini menggunakan sistem dua pergerakan. Jam saku ini ditaksir memiliki nilai sebesar USD4,7 juta atau sekitar Rp 66 miliar.


Patek Philippe Caliber 89, Rp85 miliar

Patek Philippe Caliber 89
Jam saku ini dibuat untuk merayakan ulang tahun ke 150 Patek Philippe. (Foto: platinumag)

Jam saku Patek Philippe Caliber 89 kabarnya memiliki proses pembuatan yang sangat sulit dan tingkat kompleksitasnya sangat tinggi. Tak hanya itu, jam saku ini dibuat untuk merayakan ulang tahun ke 150 Patek Philippe. Pada acara lelang, harga Patek Philippe Caliber 89 ini mencapai nilai USD6 juta atau setara Rp 85 miliar.

Baca Juga:

Coba Gaya Jam Militer, Enggak Kalah ‘Stylish’!

Breguet Grande Complication Marie-Antoinette Number 160, Rp140 miliar

Breguet Grande Complication Marie-Antoinette Number 160
Breguet Grande Complication Marie-Antoinette Number 160 memiliki desain transparan. (Foto: Alux)

Jam saku merk Breguet ini memang memiliki harga fantastis. Jam saku ini hanyalah replika dari jam yang dimiliki oleh Ratu Perancis terakhir, Marier-Antoinette. Jam ini memiliki desainnya yang tidak biasa untuk jam saku. Jam tangan ini transparan, memperlihatkan mesin yang bergerak di dalamnya. Jika berminat untuk mengoleksi jam ini, kamu perlu mengeluarkan biaya sebesar USD10 juta atau sekitar Rp140 miliar.


Patek Philippe Henry Graves Supercomplication, Rp339 miliaran

Patek Philippe Henry Graves Supercomplication
Patek Philippe Henry Graves Supercomplication menggunakan material khusus emas 18 karat. (Foto: Celebre Magazine)

Patek Philippe memiliki jam saku paling mahal di dunia. Jam saku Patek Philippe Henry Graves Supercomplication ditaksir memiliki nilai USD11 juta atau sekitar Rp155 miliar. Membutuhkan proses pengerjaan selama empat tahun untuk menjadikannya. Karena bahan yang digunakan material khusus seperti emas 18 karat. Tahun 2014 jam saku ini sempat terjual seharga Rp155 miliar. Sekarang memiliki nilai berlipat-lipat mencapai USD24 juta atau sektiar Rp 339 miliar. (And)


Baca Juga:

Jam Tangan Mewah dan Futuristik Ini Dibanderol Seharga Motor Baru



Paksi Suryo Raharjo