Jam Pintar Apple vs Samsung, Mana yang Lebih Unggul? Komparasi Apple Watch 4 dan Galaxy Watch Active. (Foto: Trusted Review)

APPLE dan Samsung merupakan kedua merek yang kerap bersaing untuk menjadi yang paling unggul dalam urusan teknologi terkini.

Tidak hanya bersaing pada gawai ponsel pintar, Apple dan Samsung juga terus "berperang" dalam pembuatan jam pintar.

Samsung Galaxy Watch Active merupakan produk jam pintar terbaru dari Samsung. Samsung Galaxy Watch Active dengan menjagokan fitur kesehatan kerap menjadi ancaman bagi produk jam pintar Apple, yaitu Apple Watch Series 4 yang rilis September 2018 silam.

Baru bisa dilepas ke pasaran 8 Maret mendatang, apakah Samsung Galaxy Watch Active yang memiliki harga jauh lebih terjangkau mampu mengalahkan Apple Watch Series 4? Berikut komparasi kedua jam pintar canggih yang kita ketahui sejauh ini.

1. Fitur kesehatan

Jam Pintar Apple vs Samsung, Mana yang Lebih Unggul
Apple Watch 4 yang dirilis September 2018 lalu. (Foto: digitaltrends.com)

Blood Pressure Monitoring menjadi fitur pertama yang pernah ada dalam sejarah jam pintar, yang hadir dalam Samsung Galaxy Active.

Galaxy Watch Active dapat me-monitor tekanan darah dan membantu menjaga kesehatan fisik setiap hari. Dengan mengunggah aplikasi My BP Lab, yang dibuat dan dikembangkan oleh University of California, pada Galaxy Watch Active.

Fitur monitor tekanan darah ini belum tersedia pada Apple Watch Series 4. Galaxy Watch Active juga menambahkan fitur Yoga, hiking,pengendalian stress dan pengendalian pernapasan yang tidak tersedia pada Samsung Watch sebelumnya.

Salah satu fitur utama yang ditawarkan oleh Apple Watch Series 4 adalah pengukuran electrocardiogram (ECG), yaitu grafik elektrokardiograf yang bisa merekan aktivitas kelistrikan jantung manusia yang telah disetujui oleh American Food and Drug Administration.

Cara penggunaan fitur ini cukup mudah, yaitu dengan meletakkan jari pada Digital Crown sampai pengukuran selesai.

2. Jaringan data seluler

Jam Pintar Apple vs Samsung, Mana yang Lebih Unggul
Samsung Galaxy Watch active didesain khusus untuk fitur kesehatan. (Foto: T3.com)

Jaringan data seluler hanya bisa digunakan oleh pengguna Apple Watch 4. Kali ini, produk jam pintar terbaru dari Samsung ini tidak memfasilitasi fitur seluler data di dalam Samsung Galaxy Watch Active, padahal fitur ini telah ada sebelumnya pada Samsung Galaxy Watch tahun lalu.

Galaxy Watch Active hanya bisa berkoneksi lewat Wi-Fi/NFC/GPS Model sedangkan Apple Watch 4 dirilis dalam 2 seri, yaitu GPS only dan GPS + celullar.

3. Ukuran dan tampilan

Jam Pintar Apple vs Samsung, Mana yang Lebih Unggul
Apple Watch 4 bekerjasama dengan Nike. (Foto: youtube.com/appleinsider)

Samsung Watch Active rilis hanya dengan satu ukuran dengan layar sebesar 1,1 inch dan didesain dengan bentuk bulat yang ramping, serta permukaan yang halus. Jam pintar ini juga tergolong ringan karena hanya berbobot 25 gram saja.

Sedangkan Apple Watch 4 hadir dengan dua ukuran, yaitu 40mm dan 42mm dengan bentuk yang mirip dengan Apple Watch 3, yaitu persegi.

Samsung Watch Active memiliki 4 pilihan warna yaitu hitam, silver, rose gold, dan biru, sedangkan Apple Watch 4 hadir dengan 3 warna yaitu silver, gold, dan space gray serta warna spesial dengan bahan stainless steel milanese yang dibanderol dengan harga yang lebih mahal.

4. Perbandingan harga

Jam Pintar Apple vs Samsung, Mana yang Lebih Unggul
Samsung menawarkan harga yang lebih murah dari Apple. (foto: activetelecoms.com)

Menjadi salah satu jam pintar yang paling canggih dari Samsung, Samsung Galaxy Watch dibanderol dengan harga $199 yang bisa dikatakan jauh lebih murah daripada jam pintar keluaran Apple. Sedangkan Apple Watch 4 yang juga bekerja sama dengan Nike memiliki harga yang berkisar antara $400 - $850. (shn)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH