Jam Operasional Airnav Indonesia di Bandara Kertajati Jadi 15 Jam Per Hari

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Senin, 30 Oktober 2023
Jam Operasional Airnav Indonesia di Bandara Kertajati Jadi 15 Jam Per Hari
Bandara Kertajati.

MerahPutih.com - Penerbangan dari Bandara Husein Sastranegaradialihkan ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, pada Minggu, 29 Oktober 2023.

Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia atau Airnav Indonesia menegaskam, turut mendukung peralihan pelayanan navigasi pesawat.

Baca Juga:

Persiapan BIJB Kertajati Disebut Sudah 100 Persen

"Selama proses peralihan AirNav Indonesia telah menyiapkan fasilitas navigasi, telekomunikasi dan prosedur penerbangan hingga menyiapkan SDM kualitas unggul untuk dapat memberikan pelayanan prima dari dan ke Bandara Kertajati," kata Direktur Keselamatan, Keamanan dan Standardisasi AirNav Indonesia Riza Fahmi.

Ia mengatakan, sebelum adanya peralihan pesawat Jet dari Bandara Husein Sastranegara, AirNav Indonesia telah memberikan pelayanan navigasi untuk penerbangan berjadwal internasional yaitu Kertajati-Kuala lumpur setiap 2 kali per minggu. Kemudian, pelayanan navigasi Penerbangan Haji dan Umroh 2 kali per minggu dan penerbangan kargo.

Selanjutnya secara reguler akan ada 16 penerbangan per hari yang akan dialihkan dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung ke Bandara BIJB, Kertajati.

Adapun beberapa persiapan yang dilakukan untuk menghadapi kenaikan trafik penerbangan di Bandara Kertajati, diantaranya Layanan Navigasi Penerbangan unit Tower dan Approach Control; Meningkatkan kesiapan Peralatan Telekomunikasi Penerbangan antara Pilot dan Air Traffic Controller (ATC); Meningkatkan kesiapan Peralatan Navigasi Penerbangan antara lain Instrument Landing System (ILS) dan DVOR-DME.

Lalu Menyiapkan prosedur, Keberangkatan/Take-off (SID) dan Kedatangan/Landing (STAR) berbasis PBN/Satelit yang menunjang keselamatan dan keteraturan penerbangan dari dan menuju Bandara Kertajati.

Fahmi menyampaikan, SDM yang ditugaskan di Unit Kertajati telah mendapatkan pelatihan guna meningkatkan awareness dan kesiapan dalam melayani pelayanan navigasi penuh di Bandara Kertajati.

Jam operasional Unit Kertajati juga akan bertambah menjadi 15 jam (06.00 - 21.00 WIB), yang sebelumnya hanya 11 jam.

Dengan adanya pengalihan ini AirNav Indonesia, akan melayani navigasi penerbangan dalam sehari sebanyak 34 pergerakan (17 take-off dan 17 landing), dengan jam sibuk diantara pukul 08.00 - 09.00 WIB yaitu sejumlah 7 pergerakan.

Unit Kertajati akan memberikan pelayanan navigasi dengan rute penerbangan domestik yaitu Balikpapan, Banjarmasin, Batam, Denpasar, Makassar, Medan dan Palembang. Serta rute penerbangan internasional Kuala Lumpur dan Arab Saudi. (Imanha/Jawa Barat)

Baca Juga:

7 Rute Penerbangan Dipindahkan dari Bandara Husein Bandung ke Kertajati

#Bandara #Bandara Kertajati
Bagikan
Bagikan