Jalur Ganda Mojokerto Jombang Mulai Dioperasikan

Andika PratamaAndika Pratama - Selasa, 27 Oktober 2020
Jalur Ganda Mojokerto Jombang Mulai Dioperasikan
KA Wijaya Kusuma yang beroperasi di wilayah Daop 9 Jember (ANTARA/ HO - Humas KAI Daop 9 Jember)

MerahPutih.com - Jalur ganda kereta api Mojokerto-Jombang yang sudah selesai pengerjaan selama 14 bulan, mulai dioperasikan pada Selasa (27/10).

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero mengoperasikan jalur tersebut sepanjang 24 KM termasuk rangkaian rel jalur ganda di bagian selatan Jawa.

Kepala Seksi Prasarana, Balai teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Bagian Timur, Arif Sudyatmoko mengatakan, jalur double track tersebut mulai beroperasi pukul 00.30 WIB.

Baca Juga

Kemenhub Resmikan Reaktivasi Jalur KA Ciranjang-Cipatat

"Mulai pukul 00.30 WIB beroperasi secara resmi rel jalur ganda kereta api antara Jombang hingga Mojokerto panjang sekitar 24 KM," terang Arif.

Ia menambahkan, jalur ganda tersebut merupakan bagian dari jalur ganda lintas selatan Jawa, diantaranya Surabaya, Solo sampai Jakarta dengan total sekira 205 KM. Pembangunan jalur double track saat ini maaih menyisakan dari Stasiun Kereta Api Mojokerto hingga Stasiun Kereta Api Wonokromo, Surabaya.

"Jalur ganda kita sisakan dari Mojokerto hingga Wonokromo sekitar 40 KM dan ditargetkan mulai tahun depan terpasang konstruksinya. Hal pertama yang dipertimbangkan keselamatan, sebab tidak ada pertemuan kereta api masing-masing berjalan pada jalur satu arah. Kedua pengurangan waktu tempuh perjalanan kereta apinya" tegas Arif.

Antara Stasiun Kereta Api Mojokerto dengan Stasiun Kereta Api Jombang, lanjut Arif, tidak terlalu signifikan hanya 24 KM.

Akan tetapi jika sudah terhubung antara Solo dan Surabaya, maka bisa menghemat waktu antara 1 jam hingga 1,5 jam. Lalu jalur double track sudah mulai dibangun sejak tahun 2019-2020.

Baca Juga

Waktu Tempuh Perjalanan KA Jakarta-Merak akan Dipangkas Jadi 2 Jam

"Rampungnya jalur ganda ini, memastikan bahwa lahan yang dulu ditempati warga sudah kami selesaikan sesuai ketentuan. Dan otomatis beroperasi sejak tadi malam 00.30 WIB, namun sementara ini karena pandemi yang semula 40 perjalanan tiap hari menjadi 20-an, ini separuhnya," tutur Arif. (Andika Eldon/Surabaya)

#Kereta Api #PT KAI
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan