Jalani Pemeriksaan Kasus Dua Jari di Baswaslu, Anies: Diatur Biar Mudah Kantor Bawaslu RI (ANTARA FOTO)

MerahPutih.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menuhi panggilan Bawaslu Bogor untuk memberikan klarifikasi terkait dugaan pelanggaran kampanye yang dilakukannya dalam Konferensi Nasional Gerindra di Sentul, Bogor. Namun, Anies menjalani pemeriksaan di kantor Bawaslu RI, Jakarta Pusat, bukan di Bogor.

"Dipanggil Bawaslu Bogor, tapi diatur lokasinya di Jakarta (Bawaslu RI) supaya memudahkan," kata Anies, soal kehadirannya di Kantor Bawaslu RI, Jakarta, Senin (7/1).

Tibanya di lokasi Anies yang mengenakan Pakaian Dinas Harian (PDH) berwarna coklat menjelaskan terkait apa pemangilan itu, namun sebelumnya dirinya dilaporkan Jaringan Advokat Pengawal NKRI (JAPRI) atas dugaan pelanggaran kampanye di Sentul.

ANIES
Gubernur DKI Anies Baswedan saat tiba di kantor Bawaslu RI. MP/Asropih

Anies berjanji akan memberikan informasi setelah pihak Bawaslu selesai menggali informasi yang dibutuhkan hari ini. "Dipanggil. Nanti deh kalo udah selesai," ujar Anies di lokasi.

Diketahui, tersebar video di kalangan wartawan Anies diberi kesempatan berpidato dalam acara konferensi nasional Gerindra, Sentul, Senin (17/12) lalu. Anies yang berpidato dengan memakai batik hitam khas Betawi bermotif Ondel-ondel di acara Gerindra itu secara nyata menunjukkan jari telunjuk dan jempol dihadapam peserta.

Akibatnya orang nomor satu di Ibu Kota itu dilaporkan Presidium Garda Nasional untuk Rakyat (GNR) ke Bawaslu RI. Mereka menilai Anies sebagai pejabat publik melanggar Pasal 281 Undang-undang No. 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum. (Asp)

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH