Jalani Pemeriksaan Darah Tes Uji Vaksin Corona, Ridwan Kamil: Mohon Doanya

Andika PratamaAndika Pratama - Kamis, 01 Oktober 2020
Jalani Pemeriksaan Darah Tes Uji Vaksin Corona, Ridwan Kamil: Mohon Doanya
Gubernur Jabar Ridwan Kamil setelah pemeriksaan darah uji klinis vaksin COVID-19. (Dok Humas Jabar)

MerahPutih.com - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar menjalani pemeriksaan darah, bagian rangkaian uji klinis vaksin COVID-19, Rabu (30/9).

Pemeriksaan darah dilakukan setelah Ridwan Kamil sebelumnya menjalani dua kali penyuntikan vaksin buatan Sinovac Biotech China, hasil kerja sama BUMN Bio Farma dan Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (Unpad), di Bandung.

Tujuan pemeriksaan adarah untuk mengetahui proses pembentukan antibodi virus SARS CoV 2, penyebab penyakit corona.

Baca Juga

MA Sunat Hukuman Eks Ketum Demokrat Anas Urbaningrum

Pemeriksaan darah dilakukan di Puskesmas Garuda, Kecamatan Andir, Bandung, yang merupakan salah satu dari 6 lokasi penyuntikan vaksin. Bagi Ridwan Kamil, kunjungannya kali ini ke Puskesmas Garuda adalah yang keempat atau Visit 3 (V3) sebagai relawan uji klinis vaksin COVID-19.

“Kami melaksanakan kunjungan yang keempat atau V3, itu adalah proses pengambilan darah dari para relawan setelah dua kali proses penyuntikan dilakukan,” ujar Ridwan Kamil.

Selanjutnya, ia masih harus menjalani tes darah kedua sekaligus terakhir dalam proses uji klinis fase 3 vaksin COVID-19 ini. Pengambilan darah kedua tersebut akan dilakukan tiga bulan berikutnya atau Desember 2020.

“Pengambilan darah ini tidak hanya sekali. Akan dilakukan pengetesan terakhir itu pada Desember (2020). Jadi, di Desember pengambilan darah akan dilakukan yang kedua dan final. Setelah itu akan diteliti kemungkinan hasil akhirnya,” tambah Ridwan Kamil.

Darah yang diambil dalam tes tersebut di bagian tangan kanan. Ridwan Kamil berharap, setelah mengikuti seluruh tahap penyuntikan di kunjungan kedua (V1) dan ketiga (V2), dari V3 ini akan didapat reaksi peningkatan antibodi dalam darahnya.

Uji klinis ini berpeluang berhasil jika vaksin menghasilkan antibody mencapai 90 persen, sehingga bisa dikategorikan memiliki imunitas terhadap virus SARS-CoV-2.

“Mohon doanya bahwa pengambilan darah pertama ini hasilnya bagus, kemudian (pengambilan) darah kedua pada Desembernya juga hasilnya bagus, mengonfirmasi kesuksesan (uji klinis) vaksin,” kata Kang Emil.

Setelah menjalani tes darah kedua pada Desember nanti, Kang Emil menjelaskan bahwa akan dilakukan pengecekan kesehatan tiga bulan berikutnya atau pada Maret 2021.

Baca Juga

Sepekan Terakhir, Kasus Klaster Perkantoran di Jakarta Alami Penurunan

Hal ini dilakukan untuk mengetahui dampak kesehatan relawan yang mengikuti uji klinis fase 3 vaksin COVID-19. Dalam V3 tersebut, Ridwan Kamil tidak sendiri. Ia didampingi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jabar.

Mereka yakni, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Irjen Pol. Rudy Sufahriadi, Panglima Kodam (Pangdam) III/Siliwangi, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, dan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Jabar Ade Adhyaksa, yang juga sama-sama menjadi relawan vaksin. (Iman Ha/Jawa Barat)

#COVID-19 #Ridwan Kamil #Vaksin Covid-19
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan