Jalanan Berbahaya di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia Jalur lintasan paling berbahaya di dunia (Foto furnituredekho.com)

JALAN yang menghubungkan satu daerah ke wilayah lainnya memperlancar berbagai bidang kehidupan manusia. Pembuatan jalan ini tak dapat memilih jalur yang menyenangkan dan nyaman. Ada beberapa jalanan di dunia yang sangat berbahaya.

Terdapat beberapa jalanan yang berada di daerah berbahaya. Di pinggir jurang hingga di tepi laut. Memungkinkan tergelincir yang mengancam nyawa. Berikut ini deretan lintasan paling berbahaya di dunia yang telah dirangkum oleh Merahputih.com.

Baca Juga:

5 Alasan Mengunjungi Banyuwangi, Nomor 3 Berbau Mistis

1. Alaska, James W. Dalton Highway

jalur
Akses menuju hutan belantara Alaska melalui jalur James W. Dalton Highway (Foto: the new york times)


Jalanan terpencil di dunia, James W. Dalton Highway berjalur kerikil yang membentang sepanjang 666 kilometer. Tak banyak persinggahan. Hanya ada tiga desa sepanjang jalan ini, yakni Coldfoot di Mile 175, Wiseman di Mile 188 dan Deadhorse di ujung jalan raya mile 414. Tak pelak logistik yang cukup menjadi keharusan.

Jalanan ini dirancang sejak 1974 sebagai rute pasokan sistem pipa Trans-Alaska. Umumnya, kendaraan besar seperti truk yang melewati jalur ini. Laman dangerousroads menuliskan ada lebih dari 150 truk melintas jalan ini saat musim panas dan dingin.

2. Jambi, Sitinjau Lauik

jalan
Jalur Sitinjau Lauik melintasi tikungan tajam, tanjakan tinggi dan berada di pinggir jurang (Foto youtube/Surya 17)


Sekitar 15 kilometer, jalanan Sitinjau Lauik jadi rute nasional yang menghubungkan Sumatera Barat dengan Kota Padang. Lintasan ini dihiasi dengan keindahan pemandangan alam seperti laut dan hutan sekitar. Mulai dari kendaraan pribadi roda dua hingga truk. Dari beberapa sumber menyebutkan bahwa lebih dari sembilan ribu kendaraan yang melintasi jalan ini setiap harinya.

Meski begitu, pengendara harus selalu berhati-hati. Selama perjalanan, pengendara akan melintasi tikungan tajan, tanjakan tinggi dan jalur pinggir jurang. Tak sedikit terjadi kendala pada kendaraan bermuatan besar yang memicu kecelakaan lalu lintas.

Baca Juga:

Pilih-Pilih Penerbangan Jarak Jauh, Perhatikan Hal Ini

3. India dan Tibet, Himalaya Road

jalanan
Himalaya Road yang menghubungkan Kashmir dan Ledakh jadi jalur berbahaya di dunia (Foto etaporama)


Himalaya Road menghubungkan Kashmir dan Ledakh. Jalur ini berada di pegunungan India dan Tibet dengan panjang 475 kilometer. Laman elephant carhire menyebutkan jalur ini disebut Zoji Pass, terkenal sebagai jalur gunung tertinggi kedua di dunia, setelah Fotu La di Jalan Raya Nasional Srinagar-Leh. Pengendara harus selalu waspada. Jalur ini sempat mengalami tanah longsor dan banjir yang bisa membahayakan nyawa pengendera. Terlebih akses pertolongan dan perawatan medis sulit ditemukan.


4. Norwegia, Atlantic Ocean Road

jalanan
Atlantic Ocean Road jadi lintasan dengan pemandangan terindah sekaligus berbahaya di dunia (Foto: dailymail.com)


Atlantic Ocean Road jadi lintasan dengan pemandangan terindah sekaligus berbahaya di dunia. Terkenal sebagai Atlanterhavsveie, berada pada bagian Barat tengah pantai Norwegia, pengendara akan melalui jalur di tepi laut. Jalan ini menghubungkan kota Kristiansund dengan Molde. Menyeramkannya, pengendara akan melintasi jalanan melengkung, menukik dan bergelombang.

Panjangnya sekitar 36 kilometer merupakan wisata jembatanpaling populer di Norwegia. Jalan ini mencakup delapan jembatan dengan panjang keseluruhan mencapai 891 meter. Meski begitu, jalur ini membahayakan pengendara karena faktor cuaca yang cukup ekstrim. Sayangnya, cuaca di jalur ini sulit diprediksi. Terkadang cuaca cerah, mendadak berubah jadi turun salju, belum lagi badai yang menakutkan. (dys)


Baca Juga:

4 Tempat di Jakarta Mirip Kota-Kota Luar Negeri, Keren Abis!



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH