Jalan Tol di Atas Laut Semarang-Demak Seksi 2 Segera Beroperasi

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Senin, 24 Oktober 2022
Jalan Tol di Atas Laut Semarang-Demak Seksi 2 Segera Beroperasi
Jalan Tol Semarang-Demak yang memiliki panjang lintasan 16,31 kilometer dari Sayung STA 10+394 sampai dengan STA 26+704. ANTARA/HO-PT PP

MerahPutih.com - Pembangunan jalan Tol Semarang-Demak Seksi 2 sepanjang 16,31 Km telah mencapai progres 97,82 persen. Jalan Tol Semarang-Demak merupakan jalan tol di atas laut yang terintegrasi dengan Tanggul Laut Kota Semarang.

Selain itu, juga berfungsi untuk penahan banjir rob, serta mengatasi banjir dan genangan air yang selama ini menjadi permasalahan ibu kota Provinsi Jawa Tengah.

Baca Juga:

Jalan Tol Pondok Aren-Serpong Bakal Ditinggikan Dua Meter Karena Sering Banjir

Jalan Tol Semarang-Demak memiliki total panjang 26,7 km dan terbagi menjadi dua seksi, yakni Seksi 1 (Semarang-Sayung) sepanjang 10,69 km yang merupakan porsi pemerintah dan saat ini sedang dalam tahap pembebasan lahan untuk dilanjutkan konstruksinya.

Sementara, Seksi 2 (Sayung-Demak) sepanjang 16,31 Km merupakan porsi badan usaha jalan tol (BUJT) PT Pembangunan Perumahan Semarang Demak yang ditargetkan pada akhir tahun ini selesai konstruksinya secara keseluruhan dan dapat dioperasikan.

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan tol ini beroperasi pada akhir 2022 untuk mendukung libur Natal dan Tahun Baru 2023.

Kepala BPJT Danang Parikesit mengatakan, penggunaan tol bisa dilakukan fungsional jika belum keluar SK operasional.

Ia mengatakan, jalan tol ini menjadi kunci penting dalam mengurai kemacetan yang sering dialami pengendara yang melintas di jalan nasional Pantura sampai menuju ke Demak.

"Jalan tol ini memberikan akses yang mudah menuju Kota Demak dan tentunya dapat meningkatkan interaksi ekonomi, meningkatkan pariwisata, hingga mendukung kelancaran arus logistik dari barat ke timur, dari Jawa Timur ke Jawa Tengah hingga ke DKI Jakarta," kata Danang. (Asp)

Baca Juga:

Tips Hindari Tabrakan Beruntun di Jalan Tol

#Pembangunan Jalan Tol #Kementerian PUPR
Bagikan
Bagikan