Jalan Keluar saat Bingung Ditinggal Pembantu Mudik Asisten rumah tangga yang mudik membuat majikan kebingungan. (Foto: Pixabay/Alterfines)

SEBENTAR lagi musim mudik Hari Raya Idulfitri atau Lebaran Idulfitri tiba. Gelombang mudik biasanya datang pada H-7 atau seminggu sebelum hari raya. Pada saat orang-orang daerah mudik, daerah-daerah perkotaan akan sepi melompong dari hari biasanya.

Namun, mudik tak sepenuhnya menjadi kabar gembira. Bagi sebagian orang yang tinggal di kota-kota besar, mudik berarti sepi, sulit jajan, hingga rawan. Salah satu yang paling terdampak mudik yaitu keluarga yang ditinggal pembantu rumah tangga.

Tak sedikit keluarga di kota-kota besar sangat tergantung pada pembantu atau asisten rumah tangga (ART). Semua pekerjaan rumah dilakukan oleh pembantu, mulai dari bersih-bersih, masak, mengurus kebun, urus binatang peliharaan, hingga mengasuh anak.

Saat pembantu harus mudik, keluarga yang tergantung pada ART tentu sangat kelabakan. Bahkan tak sedikit yang berani membayar lebih agar pembantunya tetap tinggal atau tidak mudik. Daripada bingung, berikut merahputih.com sajikan tips ketika ditinggal mudik pembantu;

1. Bagi-bagi Tugas

asisten rumah tangga
Berbagi tugas di rumah dengan anggota keluarga. (Foto: Pixabay-PublicDomainPictures)

Solusi pertama yang mungkin bisa kamu coba yaitu bagi-bagi tugas untuk seluruh anggota keluarga, mulai dari ibu, ayah, hingga anak-anak. Semua orang bisa memegang tugas masing-masing sesuai kemampuan dan kesukaannya. Misalnya ayah bagian memasak, ibu bersih-bersih, dan anak-anak cuci piring.

Bagi-bagi tugas selain menyelesaikan pekerjaan rumah tangga, juga untuk pelajaran bagi anak-anak tentang tugas-tugas di rumah. Semua pekerjaan yang tadinya terlihat berat akan jadi lebih ringan dan dilakukan dengan gembira.

2. Gunakan Pembantu Infal

infal
Memakai jasa infal jalan keluar yang sering diambil oleh orang. (Foto: Pixabay-pascalhelmer)

Pembantu infal merupakan pekerja rumah tangga yang hanya bekerja sementara atau jangka waktu tertentu. Pembantu infal disebut juga pembantu pengganti. Ada banyak biro penyalur pembantu infal. Kamu tidak akan kesulitan mendapat pembantu infal terutama di kota-kota besar.

Menggunakan jasa pembantu infal juga bisa kamu coba. Saat ini ada banyak pembantu infal yang khusus melayani saat genting keluarga yang ditinggal pembantunya mudik. Soal harga, tentu bisa lebih mahal, dihitung harian, dan disesuaikan dengan beban pekerjaan.

3. Gunakan Aplikasi Online

Keluarga yang menggunakan jasa aplikasi kebersihan. (Screenshot go-jek.com)
Keluarga yang menggunakan jasa aplikasi kebersihan. (Screenshot go-jek.com)

Teknologi mempermudah banyak hal dalam kehidupan kita. Tak terkecuali keluarga yang kesusahan ditinggal pembantu mudik. Saat ini ada aplikasi online yang menyediakan jasa bersih-bersih rumah.

Tinggal tekan pesan dan pemberi jasa akan datang ke rumah kamu. Penggunaan aplikasi online jasa kebersihan tentu sangat membantu dan juga yang paling penting mudah.

4. Tinggal di Hotel

hotel
Okupansi hotel di Jakarta cenderung naik pada lebaran. (Pexels/Pixabay)

Tinggal di hotel di dekat rumah juga merupakan solusi jitu saat tidak ada pembantu. Semua kebutuhan kamu dan keluarga akan tercukupi dengan tinggal di hotel. Kamu hanya tinggal membawa pakaian yang lebih banyak.

Misalnya di Ibu Kota Jakarta, tingkat okupansi hotel cenderung naik saat Lebaran. Warga menengah atas berbondong-bondong memenuhi hotel saat Lebaran. Banyak keluarga tidak ingin repot memasak, belanja, dan bersih-bersih. Catatannya, kamu harus booking jauh-jauh hari kalau tak mau kehabisan kamar.

5. Liburan ke Luar Kota

Ilustrasi liburan. (ANTARA FOTO/M Rusman)
Liburan ke luar kota mungkin jawabannya. (ANTARA FOTO/M Rusman)

Mungkin ini bisa jadi pilihan terakhir, yaitu meninggalkan kota kamu. Kamu sekeluarga bisa liburan ke luar kota saat pembantu kamu mudik. Liburan ke luar kota juga bisa membuat kamu merasa mudik juga.

Kalau kamu memilih liburan ke luar kota, sebaiknya berangkat jauh-jauh hari sebelum hari H. Hal itu supaya tidak berbarengan dengan gelombang mudik.

Nah, sudah ada 5 tips ya bagaimana ketika ditinggal pembantu mudik. Semuanya bisa dicoba dan dilakukan dengan menyenangkan. (zul)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Tetap Berbusana Cantik dan Nyaman saat Mudik, Kenapa Tidak?

Kredit : zulfikar


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH