Jalan-Jalan Virtual ke Rumah Bangsawan Eropa di Tengah Pandemi Corona Kediaman para bangsawan Eropa yang bisa kamu singgahi melalui virtual reality (Foto: Instagram/@grxntphotos)

BERKELILING ke destinasi wisata keluarga kerajaan di Eropa ketika pandemi corona, bisa kah? Tentu saja! Kamu harus bersyukur karena dengan teknologi virtual reality, kamu dapat pergi kemana saja tanpa harus keluar rumah.

Kalau selama ini kamu hanya bermimpi untuk mendatangi tempat tinggal para keluarga kerajaan, sekarang kesempatan ini datang hanya dengan melalui layar digital lho. Dilansir dari laman People, ini dia beberapa destinasi wisatanya.

Baca juga:

Perjalanan Aman dari COVID-19, Bisakah?

1. Buckingham Palace dan Windsor Castle, Inggris

Jalan-Jalan Virtual ke Rumah Bangsawan Eropa di Tengah Pandemi Corona
Mengelilingi rumah kediaman Ratu Inggris (Foto: Instagram/@buckinghampalaceshop)

Siapa sih yang enggak kenal Buckingham Palace dan Windsor Castle? Rasanya langsung ingin foto di depan istana seperti Meghan Markle supaya suatu hari nanti senasib dengannya, menikah sama pangeran!

Walaupun sekarang kamu belum pergi ke istana Buckingham tapi bukan berarti kamu enggak punya kesempatan untuk melihatnya lho. Soalnya pihak kerajaan Inggris sudah menyediakan tur virtual ke Buckingham Palace untuk melihat langsung tempat tinggalnya sang ratu.

Mulai dari Grand Staircase, White Drawing Room, Blue Drawing Room, bahkan sampai ruang singgasana. Keren bukan? Langsung cek saja di sini!

Nah untuk Windsor Castle sendiri sayangnya harus ditutup buat publik karena Ratu Elizabeth II dan suaminya Pangeran Phillip sedang mengisolasi diri di sana selama pandemik Corona ini. Tapi tenang saja karena kamu tetap berkesempatan melirik seperti apa sih kastil berumur 900 tahun ini.

Kamu akan dibawa berjalan-jalan ke Waterloo Chamber, Crimson Drawing Room, sampai ke State Banquet di St George's Hall yang merupakan lokasi resepsi pernikahannya Pangeran Harry dan Meghan Markle lho. Langsung lihat saja ya di sini!

2. Royal Palace, Amsterdam

Jalan-Jalan Virtual ke Rumah Bangsawan Eropa di Tengah Pandemi Corona
Royal Palace di Amsterdam memiliki berbagai koleksi tak ternilai (Foto: paleisamsterdam)

Royal Palace di Amsterdam ini sayang banget kalau dilewatkan. Namun karena pandemi corona, pihak Royal Palace Amsterdam melalui website resminya mengatakan bahwa mereka menutup istana ini sampai 6 April 2020.

Namun, jangan bersedih karena Google Maps sudah menyediakan layanan virtual reality untuk membuatmu merasakan salah satu bangunan bersejarah di Amsterdam. Kamu hanya tinggal klik di sini untuk jalan-jalan di Royal Palace Amsterdam.

Royal Palace sudah digunakan selama lebih dari 200 tahun untuk menjadi tempat kediaman bangsawan Belanda. Dibangun sejak tahun 1648, gedung ini sekarang sudah diisi dengan berbagai koleksi perabotan, patung-patung yang harganya tak ternilai, dan galeri. Penasaran? Coba lihat sendiri ya!

Baca juga:

Cara Keluarga Kerajaan Inggris Merayakan Hari Ibu

3. The Palace of Versailles, Paris

Jalan-Jalan Virtual ke Rumah Bangsawan Eropa di Tengah Pandemi Corona
Salah satu ruangan di The Versailles Palace (Foto: chateauversailles)

Kalau ke Paris jangan cuma mengunjungi menara Eiffel saja! Soalnya ada sebuah bangunan yang keren banget yang merupakan tempat kediaman raja ratu Prancis bernama The Palace of Versailles. Melalui website resmi istana kamu akan menemukan dan menikmati berbagai konten budaya khas Prancis.

Jelajahi King's and Queen's State Apartements, Kapel, Opera House, The Hall of Mirrors, dan masih banyak lagi. Tur virtual ini akan memberikanmu akses ke lebih dari 150 karya dan pastinya perabotan, lukisan, serta objek yang ada di istana.

Bahkan dengan teknologi yang satu ini akan memberikan pengalaman baru untuk mengunjungi King's Chamber dan pergi ke belakang gorden yang mengelilingi tempat tidur raja. Wah menarik sekali bukan?

4. Holyroodhouse, Edinburgh

Jalan-Jalan Virtual ke Rumah Bangsawan Eropa di Tengah Pandemi Corona
Tampak luar Holyroodhouse di Edinburgh (Foto: britannica)

Holyroodhouse merupakan tempat tinggal ratu Elizabeth II di Skotlandia. Sang ratu biasanya akan menetap selama satu minggu di setiap awal musim panas untuk mengadakan berbagai aktivitas. Nah bangunan yang memiliki nama lain Holyrood Palace ini memilki sejarah yang menarik.

Ditemukan pada 1182, gedung ini kembali dibangun ulang oleh James IV kurang lebih 400 tahun kemudian untuk menjadi istana bagi istrinya Margaret Tudor. Ratu terkenal dari Skotlandia, Mary ternyata menikahi dua suaminya di Holyroodhouse.

Pengalaman apa yang akan ditawarkan di istana ini? Tur mu akan dimulai dengan menjelajahi The Grand Stair kemudian kamu berkesempatan melihat-lihat ke Morning Drawing Room dan tempat makan para bangsawan. Cukup dengan klik di sini, kamu bisa menjelajah Holyroodhouse. Enggak lupa kamu dapat menganggumi berbagai perabotan dan interior indah khas kerajaan Eropa. (Sam)

Baca juga:

Rekomendasi Film Horor Terbaik Netflix, Dijamin Makin Betah #DiRumahAja



Ananda Dimas Prasetya