Jalan-Jalan Keliling Indonesia, Si Juki Promosikan Wisata Indonesia

Dwi AstariniDwi Astarini - Kamis, 13 Desember 2018
Jalan-Jalan Keliling Indonesia, Si Juki Promosikan Wisata Indonesia
Seri Si Juki Jalan-Jalan Nusantara resmi diluncurkan. (foto: Instagram @popconasia)

MASIH ingat karakter Si Juki? Karakter kartun mahasiswa desain visual yang nyeleneh dan lucu kini tampil jadi duta yang mempromosikan pariwiasata Indonesia. Bukan dengan menjadi putra pariwisata, melainkan lewat komik kocak khas Si Juki.

1. Kenalkan destinasi wisata Indonesia

komik si juki
Lewat komik, Si Juki kenalkan destinasi wisata Nusantara. (foto: popconasia)

Dalam serial baru Si Juki Seri Jalan-Jalan Nusantara, Si Juki bakal mengenalkan destinasi wisata cantik di Indonesia. Serial buku itu merupakan kerja sama Kemenko Bidang Kemaritiman dengan Elex Media dan PIONICON.

Komik pertama yang dirilis pada 5 Desember 2018 lalu mengangkat tema keindahan alam berbagai objek wisata di Labuan Bajo-Flores. Selain Labuan Bajo-Flores, masih ada sembilan destinasi wisata lainnya yang akan diangkat dalam komik Si Juki. "Setelah Labuan Bajo, rencananya Si Juki akan ke Belitung," kata Rafly Nugroho, Media Connector Pionicon, seperti dilansir Antara.

Setelah edisi perdana di bulan ini, buku kedua direncanakan meluncur pada Maret 2019, tiga bulan mendatang. "Nanti peluncuran komik selanjutnya setiap tiga bulan," imbuh Rafly.

Dalam petualangannya ke Labuan Bajo-Flores, Si Juki ditemani Mang Awung. Teman Juki ini enggak kalah kocaknya. Dijamin bakal bikin kamu ngakak terhibur.

2. Kisah petualangan mencari harta karun

komik si juki
Bersama Mang Awung yang kocak, Si Juki menjelajah Labuan Bajo-Flores. (foto: Instagram @elexmedia)

Ceritanya, Si Juki pergi ke Labuan Bajo bersama Mang Awung untuk menyelesaikan sebuah misi rahasia. Dalam menjalankan misi rahasia tersebut, mereka pergi ke berbagai destinasi wisata yang ada di Labuan Bajo, mulai dari Bukit Cinta, Gua Batu Cermin, hingga pergi ke Taman Nasional Pulau Komodo untuk mencari harta karun.

Faza Meonk, kreator Si Juki sekaligus founder dari PIONICON IP Management dalam keterangan pers, seperti dilansir Antara, mengatakan ia menemukan bahwa pernyataan 'Indonesia itu indah' merupakan fakta. "Selain indah, saya juga menemukan keberagaman budaya yang menurut saya begitu luar biasa. Keberagaman inilah yang membentuk Indonesia, inilah harta karun Indonesia," kata Faza.

3. Memang dirancang sebagai komik bertema wisata

si juki
Seri komik ini memang bertemakan wisata. (foto: Instagram @jukihoki)

Awalnya, Si Juki Jalan-Jalan memang diluncurkan penerbit Elex Media dan PIONICON sebagai komik dengan tema wisata. Destinasi wisata pertama yang dituju Si Juki dalam seri komik ini ialah Korea Selatand alam komik Si Juki Seri Jalan-Jalan: Petualangan di Korea pada 2017.

Dalam membuat komik Si Juki, Faza sebagai kreator bekerja sama dengan Yahya Muhaimin (penulis) dan Listya Chandra (ilustrator). Selain itu, tim kreatif melakukan riset mencari ide cerita dan hal-hal menarik lainnya dengan mengunjungi langsung Labuan Bajo-Flores selama lima hari.

Nah, buat kamu yang butuh referensi tempat wisata, komik Si Juki ini bisa banget buat nambah pengetahuan. Apalagi penyampaiannya dengan cara yang kocak. Pasti bikin senyum.(*)

Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan