Jalan-Jalan di Pantai Parang Endog, Gunungkidul

Eddy FloEddy Flo - Rabu, 01 Maret 2017
  Jalan-Jalan di Pantai Parang Endog, Gunungkidul
Pantai Parang Endog, Gunungkidul (MP/Fredy Wansyah)

Parang Endog merupakan salah satu pantai di Gunungkidul. Posisinya berbatasan langsung dengan Kabupaten Bantul.

Jaraknya tak jauh dari Kota Yogyakarta, hanya sekitar 25 km. Letaknya berbatasan dengan Pantai Parangtritis, Bantul, DI Yogyakarta. Karena itulah, pantai ini jadi pantai yang recomended untuk deretan pantai-pantai Gunungkidul.

Di pantai ini, keindahan alam terbentang menyambut siapa pun yang mengunjunginya. Salah satu daya tarik pantai ini adalah deretan bukit yang membentang sebagai background dari hamparan pasir pantai. Perbukitan yang menjadi bagian dari Perbukitan Seribu ini memang menjadi salah satu keunikan yang membedakan Pantai Parang Endog dengan pantai-pantai lain di Yogyakarta.

Pantai Parang Endog
Pantai Parang Endog (MP/Fredy Wansyah)

Selain itu, bentangan pantainya dan sepinya pengunjung membuat pantai ini ramah bagi pemancing. Cocok buat lokasi mancing. Pantai Parangendog juga tak besar ombak, lebih tenang ketimbang pantai Parangtritis, hingga biasanya digunakan untuk memancing atau menjaring ikan.

Di sudut timur pantai ini terdapat bukit yang kini tengah dikembangkan sebagai spot menarik menikmati senja. Puncak Bukit Parang Endog juga biasa digunakan untuk paralayang dan gantole. Bahkan, hampir setiap tahun tempat ini menjadi event tahunan paralayang dan gantole.

Parang Endog, Gunungkidul
Pesisir Pantai Parang Endog (MP/Fredy Wansyah)

Nah, bagi yang ingin jalan-jalan ke Pantai Parang Endog, ada dua pilihan cara menuju lokasi. Pertama, jalan dari tepian Pantai Parangtritis. Dari situ cukup berjalan terus ke arah timur hingga menemukan bebatuan dan tebing nan tinggi. Di sanalah Pantai Parang Endog. Cara lainnya, kedua, gunakan jalur alternatif menuju Gunungkidul. Jika menggunakan jalur ini, disarankan menggunakan sepeda motor, karena jalanan yang akan dihadapi naik turun dan tidak lebar.

Jika ingin keramaian di Parang Endog, datanglah pada saat event tahunan paralayang.

Batu karang di pinggir pantai Parang Engog
Batu karang penghias pantai Parang Endog (MP/Fredy Wansyah)

Artikel ini ditulis berdasarkan liputan Fredy Wansyah, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

#Wisata Pantai #Wisata Gunungkidul #Wisata Bahari #Yogyakarta
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan