Relationship

Jalan Aman Sembuhkan Cinta Bertepuk Sebelah Tangan

Dwi AstariniDwi Astarini - Jumat, 10 November 2023
Jalan Aman Sembuhkan Cinta Bertepuk Sebelah Tangan
Solusi patah hati dengan cara move on yang sehat.(foto: unsplash_kelly sikkema)

DALAM masalah hati, menyusun benang-benang cinta yang bertepuk sebelah tangan atau cinta yang menantang dapat menjadi perjalanan yang berliku-liku. Entah kamu merindukan seseorang yang tidak membalas atau bergulat dengan perbedaan yang tidak dapat didamaikan, dampak emosional yang kamu rasakan bisa sangat besar.

Terapis pernikahan dan keluarga yang berbasis di San Diego, Kim Egel, menjelaskan dampak dari cinta sepihak melalui Healthline. "Kerinduan yang menyertai cinta sepihak dapat memengaruhi kesejahteraan emosional dan menyebabkan banyak ketidaknyamanan," ujarnya.

BACA JUGA:

Manusia Hanya Jatuh Cinta 3 Kali Seumur Hidup

Menghadapi Kenyataan

relationship
Jika salah satu masih terikat dengan masa lalu, hal tersebut dapat menjadi senjata mematikan untuk masa depan hubungan kamu.(foto: pexels_alex green)

Salah satu langkah pertama menuju penyembuhan adalah dengan mengakui kebenaran dari situasi tersebut. Meskipun optimisme sering dianggap sebagai kekuatan, sangat penting untuk membumikan diri pada kenyataan saat ini daripada masa depan yang diidamkan. Menerima kenyataan bahwa perasaan kamu mungkin tidak akan dibalas maka membutuhkan keberanian, yang menandai langkah positif menuju pertumbuhan pribadi.

Mengidentifikasi Kebutuhan dan Pemutus Hubungan

Memeriksa kebutuhan dan pemutus hubungan kamu dapat memberikan kejelasan tentang kompatibilitas. Misalnya, jika komunikasi adalah yang terpenting bagi kamu dan calon pasangan secara konsisten gagal, itu adalah tanda bahaya. Mengenali ketidakcocokan tersebut dapat mempermudah kamu untuk beralih dari cinta bertepuk sebelah tangan.

BACA JUGA:

Cepat Jatuh Cinta Setelah Putus, Kok Bisa?

Merangkul yang Baik

Egel mendorong untuk mengakui pentingnya cinta di masa lalu, mengakui peran mereka dalam pertumbuhan pribadi. Meskipun melepaskan mungkin terasa seperti melepaskan sebagian dari diri sendiri, menghormati aspek positif dari hubungan tersebut dan pelajaran yang didapat dapat membuka jalan untuk penyembuhan.

Seni Melepaskan

Menyangkal pentingnya emosi dapat menghambat kemajuan. Merangkul dan memvalidasi perasaan-perasaan ini, membiarkannya menjadi bagian dari masa lalu kamu, sangat penting untuk menemukan kedamaian dan bergerak maju. Memahami bahwa cinta tertentu memiliki tujuan pada saat-saat tertentu dalam hidup dapat membebaskan.

Melihat ke Masa Depan

relationship
Salah satu cara mudah untuk kamu dapat move on ialah dengan menyibukkan diri.(foto: unsplash_robert bye)

Cinta yang tidak berbalas atau terikat dengan masa lalu dapat membatasi sudut pandang untuk masa depan hubungan kamu. Artikel ini menunjukkan bahwa meskipun komitmen serius terasa jauh, terlibat dalam kencan kasual dapat mengungkapkan dunia yang penuh kemungkinan. Kuncinya adalah melawan tarikan gravitasi masa lalu dan berkomitmen untuk melihat ke depan.

Dikutip dari Better Up yang menekankan bahwa, meskipun memahami cara melepaskan seseorang terlihat berbeda bagi setiap orang, kamu memiliki kekuatan untuk memutuskan hubungan dan melanjutkan hidup. Bersandarlah pada jaringan kamu, lakukan refleksi diri, dan investasikan kembali pada diri kamu. Kamu akan menjadi lebih baik karena perubahan itu.

Kesimpulannya, perjalanan dari cinta bertepuk sebelah tangan menuju penyembuhan melibatkan perpaduan antara kesadaran diri, penerimaan, dan pola pikir yang berwawasan ke depan. Dengan mengurai kerumitan cinta bertepuk sebelah tangan, individu dapat membuka jalan bagi hubungan baru dan lanskap emosional yang lebih cerah.(nda)

BACA JUGA:

Tutorial Jadi Dokter Cinta di Tongkrongan Padahal Enggak Pernah Pacaran

#Relationship
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan