Jakpro Tepis Tudingan PDIP Pemenang Tender Sirkuit Formula E Diatur

Andika PratamaAndika Pratama - Kamis, 10 Februari 2022
Jakpro Tepis Tudingan PDIP Pemenang Tender Sirkuit Formula E Diatur
Kawasan Ancol di Jakarta Utara yang akan menjadi lokasi sirkuit Formula E Jakarta, Rabu (26/1/2022). ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

MerahPutih.com - PT Jakarta Propertindo (JakPro) buka suara terkait tudingan PDIP yang menyebut pemenang tender sirkuit Formula E sudah diatur.

“Tidak ada pemenangan terencana pada proses ini," ujar Managing Director Formula E, Gunung Kartiko dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (10/2).

Baca Juga

PDIP Sebut Pemprov Lakukan Pembohongan Publik Anggaran Formula E

Ia menjelaskan, proses pengadaan dan pembangunan sirkuit Jakarta E-Prix 2022 sudah sesuai prinsip pengadaan barang dan jasa yang ada di perusahaan. Bahkan dilakukan check and balances untuk independensi dan kredibilitas pengambilan keputusan.

Pengumuman rencana pengadaan sudah dilakukan pada awal Januari 2022 melalui e-proc JakPro dan sudah di informasikan kembali melalui liputan media. Lalu pada 5 Januari JakPro sudah menginformasikan bahwa tender sudah dibuka.

Tanggal 15 Januari tender ditutup dan diproses, lanjutnya, dari peserta yang mengambil formulir persyaratan tender, tercatat hanya 3 perusahaan yang memiliki komitmen untuk lanjut ke tahap selanjutnya.

Kemudian 25 Januari, tender dinyatakan gagal dikarenakan penawaran peserta belum memenuhi persayaratan secara teknis dan harga, sehingga dilakukan tender ulang.

"Proses tender ulang, ini dilakukan kepada peserta yang telah menyampaikan penawaran terdahulu seperti pada saat kami umumkan pada bulan Januari 2022 lalu melalui portal procurement Jakpro.

Baca Juga

Diperiksa BK Dugaan Pelanggaran Interpelasi Formula E, Ketua DPRD Mengaku Tak Bersalah

Seluruh peserta yang telah mengirimkan penawaran sebelumnya, diundang kembali untuk mengikuti pelaksanaan proses re-tender tanpa henti selama 7 hari berturut-turut hingga akhirnya ditentukan pemenangnya.

Kata Gunung, penentuan pemenang tender ini adalah peserta yang mampu menyanggupi persyaratan dan kriteria yang ditentukan. Melalui proses evaluasi dan klarifikasi, serta negosiasi yang dilakukan oleh tim adhoc pembangunan infrastruktur sirkuit, tim konsultan dan tim Formula E.

Seluruh tim ini pun, dibentuk secara independen sesuai dengan keahlian dan fungsi yang dimiliki untuk menyeimbangkan berbagai kebutuhan pelaksanaan pembangunan infrasturktur lintas balap sirkuit.

“Sekali lagi kami tekankan tidak ada pemenangan tender terencana. Team adhoc tender, beserta dengan konsultan telah bekerja secara profesional dan menjalankan prinsip GCG,” ujar Vice Managing Director Formula E itu.

Kegiatan Jakarta E-Prix 2022 ini sudah dianggarkan kedalam Rencana Kegiatan dan Anggaran (RKA) Perseroan Tahun buku 2022. (Asp)

Baca Juga

PDIP DKI Endus Permainan Licik Pemenang Tender Sirkuit Formula E

#Formula E #PDIP
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan