JakPro Pastikan Pemprov DKI Bangun Bioskop di TIM Ilustrasi (Foto: Pexels/Pixabay)

MerahPutih.com - Mulai Senin (19/8) kemarin bioskop XXI yang berada di kawasan Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Jakarta Pusat resmi tak beroperasi atau ditutup bagi masyarakat. Alasanya karena kontrak sewa kerjasama telah habis.

Direktur Proyek Revitalisasi TIM PT Jakpro Luky Ismayanti mengatakan nantinya kawasan TIM akan tetap memiliki fasilitas gedung perfilman yang dibangun di eks gedung perpustakaan umum DKI.

Baca Juga: Revitalisasi Trotoar Cikini-Kramat Habiskan Rp75 M, Intip Hasilnya!

Adapun lokasi gedung perpustakaan lama saat ini berdekatan dengan gedung Planetarium Jakarta dan Galeri Cipta II. Rencananya proyek tersebut direnovasi pada tahap ke II bulan Juli tahun 2020 mendatang.

"Rencana cinema di area eks gedung perpustakaan yang sekarang. Setalah nantinya perpustakaan dipindah ke masa bangunan yang baru," ujar Luky, Selasa (20/8).

Nantinya, perpustakaan akan dibangun di gedung baru yang tak jauh dari lokasi lama. PT Jakpro selaku pengembang berjanji akan menghadirkan fasilitas warga yang ingin menonton cinema baik dalam maupun luar negeri bakal dibangun gedung yang lebih baik dan luas lagi.

Namun, Luky tak mau membocorkan desain secara lengkap lantran pihaknya masih dalam pengkajian.

"Kegiatan cinema dan perfilman berada di satu gedung tersebut. Tentunya akan dibuat lebih baik dan lebih bagus. Gambar rencana detail masih kami garap," tutupnya.

Ilustrasi bioskop (Sumber: Variety)

Seperti diketahui, Pemprov DKI telah mulai bekerja melakukan renovasi kawasan TIM. Hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan dan memutakhirkan kawasan tersebut menjadi sentra kegiatan kesenian dan kebudayaan bertaraf internasional.

Gubernur DKI Anies Baswedan mengatakan revitalisasi meliputi perencanaan, pembangunan, serta pengelolaan dan perawatan.

Visi revitalisasi adalah melahirkan kembali kawasan TIM dengan pengembangan laboratorium seni, etalase seni, dan barometer seni yang dapat menjadi bagian perjalanan wisata seni budaya.

"TIM menjadi salah satu pusat kebudayaan bukan saja untuk indonesia, tapi juga di asia dan di dunia. kita nantinya berharap dari sini dari tempat ini, budayawan-budayawan nasional maupun internasional akan bisa mengekspresikan karyanya," kata Anies di kawasan Cikini, Jakarta. Rabu (3/7) lalu.

Baca Juga: Pemprov DKI Gelontorkan Rp 1 Triliun Revitalisasi TIM

Pembangunan tahap 1 meliputi bangunan Masjid Amir Hamzah berlokasi di area Plaza Graha Bhakti Budaya, Gedung Parkir Taman dan Pos Damkar. Pengerjaan itu dilakukan mulai dari Juli-Desember 2019.

Tahap kedua, Gedung Perpustakaan dan Wisma TIM di area ex kantor DPP angkatan 66 ARH hingga jajaran kantin. Pengerjaan itu dilakukan pada tahun 2020 mendatang. (Asp)

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH