Jakpro Bangun ITF Sunter dengan Uang Pinjaman

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Kamis, 04 November 2021
Jakpro Bangun ITF Sunter dengan Uang Pinjaman
Ilustrasi sampah ( ANTARA FOTO/Risky Andrianto)

MerahPutih.com - PT Jakarta Propertindo (Jakpro) berencana merealisasikan pembangunan pengelolaan sampah Intermediate Treatment Facility (ITF) Sunter, Jakarta Utara menggunakan uang pinjaman.

Peminjaman uang diajukan oleh Pemprov DKI kepada PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero). Sehingga, nanti Jakpro berutang kepada Pemerintah DKI.

Baca Juga

Groundbreaking dari 2018, ITF Sunter Baru Masuki Tahap Prakonstruksi

"Pinjaman Rp 2,8 triliun untuk ITF Sunter," kata Kepala Badan Pembinaan Badan Usaha Milik Daerah (BP BUMD) DKI Jakarta Riyadi di Jakarta, Kamis (4/11) kamis.

Pinjaman uang tersebut akan disertai bunga. Tapi ia mengklaim bunga yang diberikan tidak terlalu besar.

"Belum tahu angkanya karena itu tergantung dari PT SMI-nya," papar Riyadi.

ilustrasi sampah (MP/Rizki Fitrianto)

Utang pembangunan ITF Sunter ini tak termasuk dalam dana pinjaman pemulihan ekonomi nasional (PEN) yang banyak digunakan pemerintah daerah selama pandemi COVID-19.

Skema pinjaman uang menjadi jalan keluar untuk sumber pendanaan baru. Mengingat, ITF Sunter adalah program Gubernur Anies yang dijanjikan sebelum masa jabatannya habis pada tahun 2022.

"Paling tidak, sudah harus ada progres. Ke depannya bisa kita lebih percepat lagi. Targetnya pertengahan tahun depan mulai konstruksi," ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI, Asep Kuswanto. Asep.

Baca Juga

Akhir Tahun Ini Pra Konstruksi ITF Sunter Segera Dimulai

Ditargetkan, ITF sudah mulai melakukan konstruksi pada pertengahan tahun 2022 atau sebelum masa jabatan Gubernur Anies Baswedan selesai. (Asp)

#Sampah
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan