Jakbar Jajaki Pemasangan Internet Gratis untuk Warga Miskin Wali Kota Jakarta Barat Rustam Effendi (kanan). (Foto: MP/Asropih)

MerahPutih.com - Pemerintah Kota Jakarta Barat akhirnya merespon langkah anggota DPRD DKI Fraksi PAN Lukmanul Hakim yang telah memasang internet gratis di 7 titik wilayah Jakbar untuk para siswa belajar jarak jauh melalui daring dengan wifi.

Wali Kota Jakarta Barat Rustam Effendi mengatakan pihaknya akan mengusulkan pemasangan internet gratis di pemukiman untuk warga miskin di wilayahnya ke Gubernur Anies Baswedan karena anggaran tersebut ada di APBD DKI.

Baca Juga:

PKS Minta Perusahaan Telekomunikasi Beri Keringanan Internet Siswa

"Nanti kita sampaikan ke provinsi, kan anggrannya di provinsi. Ini ide baik, semoga diteruskan. Beliau (Lukmanul) kan anggota DPRD, jadi bisa mengawal, ada biayanya, dan nanti kita terapkan," ujar Rustam saat mengecek wifi gratis di lingkungan RT 02 RW 14, Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat, Senin (10/8).

Rustam mengakui belum semua titik di Jakarta Barat terpasang saluran internet yang saat kini paling dibutuhkan oleh para siswa dalam proses belajar daring.

"Memang belum semua titik jengkal tanah di Jakarta Barat terpasang itu (internet)," papar dia.

Ilustrasi. Foto: MP/Andika Eldon
Ilustrasi. Foto: MP/Andika Eldon

Di masa pandemi COVID-19 ini, lanjut Rustam, seluruh elemen masyarakat diharapkan bahu membahu membantu pemerintah dalam menangani dampak corona, termasuk di sektor pendidikan.

"Inisiatif dari tokoh masyarakat, termasuk Pak Lukman ini, sangat kita harapkan. Dengan demikian, belajar tetap berjalan, COVID-19 juga kita bisa hindari, dan juga biaya buat masyarakat terbantu," ujarnya.

Baca Juga:

Politisi PAN Desak Anies Pasang Internet Gratis di Pemukiman Kumuh DKI

Meskipun corona jumlahnya masih terus bertambah, namun Rustam tetap berharap agar kondisi ini cepat selesai.

"Belajar dari rumah, belajar jarak jauh masih kita perlukan untuk melindungi anak-anak kita terhadap pandemi COVID-19 ini, supaya mereka tidak terpapar," tutup Rustam. (Asp)

Baca Juga:

Demi Akses Internet Cepat, Siswa di Sidoarjo Belajar di Warkop


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH