Jakarta Toys and Comics Fair 2017, Ajang Berkumpul Kolektor Mainan dan Pecinta Cosplay Laser Blade-nya Gavan pada ajang Jakarta Toys and Comics Fair 2017 . (MP/dok. Ari)

Event Jakarta Toys and Comics Fair 2017 yang digelar 11 hingga 12 Februari 2017 lalu menjadi ajang berkumpulnya para kolektor mainan dan pecinta cosplay. Dalam ajang ini, berbagai koleksi mainan dari era 80-an dengan harga belasan hingga puluhan juta rupiah tampil dan membuat ngiler para pecinta cosplay. Harga Tiket Masuk (HTM) sebesar Rp 50ribu.

Event ini juga menjadi ajang yang ditunggu-tunggu, dan bakal terus dinanti oleh para kolektor dan pecinta cosplay. Event yang digelar di Balai kartini tersebut, adalah kali ke-13 dilaksanakan.

Ada sisi lain yang menarik dari event ini, yaitu sebuah mesin Magic Box. Di sini, Booth Victory Toys sengaja memasang mesin ini untuk menarik pengunjung. Karena, hanya dengan uang Rp 10ribu, pengunjung yang beruntung bisa mendapatkan voucer sebesar Rp 1juta serta mainan dengan harga jutaan rupiah.

Pameran yang diikuti oleh produsen mainan dari dalam maupun luar negeri ini, banyak dikunjungi oleh masyarakat yang umumnya tidak lagi anak-anak. Sekitar 80 persen pengunjung adalah laki-laki, selebihnya wanita. Brand yang mengikuti pameran ini di antaranya adalah LEGO, Bandai, Hottoys, Tamashhi, Hotwheels, Tomica dan booth pameran dari komunitas mainan di Indonesia. Untuk tren 2017 ini, mainan mulai menggunakan sensor, yang dikendalikan oleh sebuah HP or magnetic.

Salah satu koleksi mainan di Jakarta Toys and Comics Fair 2017. (MP/dok.Ari)

Mainan termahal dalam ajang Jakarta Toys and Comics Fair 2017 dibawa oleh Booth Victory Toys, yaitu sebuah Sculpture Batman Nöel Version keluaran Prime1 setinggi 762mm, dengan harga Rp 18juta (1500 unit).

Sedangkan mainan terunik adalah action figure Ahok 1:6, dibandrol dengan harga Rp 2, 6juta. Dengan system PO, rencananya, ini akan dibuat 100 unit oleh studio mainan lokal.

Releasenya mainan yang ditunggu-tunggu para kolektor mainan selama 35 tahun juga ada di sini, yaitu sebuah pedang polisi ruang angkasa Gaban (Laser Blade-nya Gavan). Gaban (Gavan) adalah tokoh jagoan yang pada tahun 80-an menjadi idola anak-anak saat itu. Pedang Gaban yang dikeluarkan oleh Booth Tamashii Lab ini dibuat semirip mungkin seperti yang di film, bisa mengeluarkan sinar dengan sensor dan juga bisa mengeluarkan sound effect. Dan, para kolektor bisa membawa pulang dengan harga Rp 2,1 juta di Multi Toys.

Selain mainan, di ajang Jakarta Toys and Comics Fair 2017 ini juga ada booth memorabilia yang menampilkan foto serta barang yang ditandatangani orang terkenal baik artis, olahragawan dan public figure lainnya. Memorabilia termahal adalah kaos bertanda tangan para musisi-musisi Rock N Roll, yaitu seharga Rp 80 juta, yang dijual oleh Rock On Memorabilia.



Widi Hatmoko

LAINNYA DARI MERAH PUTIH