Jakarta Pusat Sterilkan Fasos dan Fasum dari Pedagang Hewan Kurban

Zulfikar SyZulfikar Sy - Selasa, 30 Mei 2023
Jakarta Pusat Sterilkan Fasos dan Fasum dari Pedagang Hewan Kurban
Ilustrasi - Hewan kurban. (Foto: MP/Rizki Fitrianto)

MerahPutih.com - Hari Raya Idul Adha menjadi momentum pedagang hewan kurban untuk berjualan. Namun sayangnya, banyak dari mereka yang berjualan di atas fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos) yang melanggar aturan.

Maka dari itu, Pemerintah Kota Jakarta Pusat mengultimatum pedagang hewan kurban untuk tidak menjajakan kambing dan sapi di fasum dan fasos. Sebab, tindakan tersebut cukup mengganggu kenyamanan masyarakat.

"Fasum fasos itu harus sesuai dengan fungsinya dan tidak boleh berubah, masa dagang hewan kurban di situ," ujar Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Chaidir di Jakarta, Selasa (30/5).

Baca Juga:

Pemkot Bandung Musnahkan Ratusan Kilo Jeroan Hewan Kurban

Chaidir mengatakan, pihaknya akan mengawasi agar fasum dan fasos di Jakarta Pusat tak dijadikan tempat berjualan hewan kurban. Ia pun sudah menginstruksikan jajarannya untuk memantau hal tersebut.

Lebih lanjut, klaim Chaidir, pihaknya akan menyiapkan lokasi khusus untuk para pedagang hewan agar tidak berjualan di fasum dan fasus yang melanggar aturan.

"Nanti Sudin KPKP Jakpus bersama lurah dan camat setempat akan mencari lokasi bagi para pedagang. Kita juga harus liat kebersihan dan kenyamanan sehingga tidak mengganggu lingkungan setempat,” tuturnya.

Baca Juga:

Jumlah Hewan Kurban di Kota Solo Turun 15 Persen, DidugaTerdampak Wabah PMK

Di samping itu, Pemkot Jakarta Pusat juga akan memeriksa kesehatan hewan kurban agar bebas dari penyakit mulut dan kuku (PMK). Pemeriksaan dilakukan oleh Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Pusat.

"Nanti kita bersama tim akan periksa hewan kurban apakah bebas dari penyakit mulut dan kuku (PMK) dan surat-surat kesehatan dari daerah asal hewan kurban," papar Kepala Suku Dinas (Kasudin) KPKP Jakarta Pusat Penty Yunesi Pudyastuti. (Asp)

Baca Juga:

Pemkot Bandung Terjunkan Tim Pemeriksaan Jeroan Selama Hari Penyembelihan Hewan Kurban

#Hewan Kurban #Jakarta Pusat
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan