Jakarta Pusat Kondusif, Pengamanan Pusat Transportasi Dikendurkan Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Heru Novianto (tengah) (MP/Kanugraha)

Merahputih.com - Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Heru Novianto memastikan kondisi keamanan ibu kota jelang Idul Fitri dalam keadaan aman dan kondusif. Belum ada gangguan dan ancaman keamanan yang bisa menggangu ibadah warga.

"Alhamdulilah masih kondusif, masih terjaga dan kondusif untuk Jakarta Pusat ini," kata Heru kepada Merahputih.com di Jakarta, Rabu (20/5).

Baca Juga

Penangkapan Kembali Habib Bahar Bukti Hukum Tak Pandang Ustaz atau Pejabat

Heru melanjutkan, di Jakarta Pusat ada delapan titik yang menjadi fokus pengamanan. Diantaranya kawasan Medan Merdeka, Bunderan HI dan padat penduduk lainnya. "Kita melibatkan 700 personel. Untuk di kawasan Jakarta Pusat," imbuh Heru.

Sementara, di pusat transportasi pengamanan sedikit dikendurkan. "Stasiun, kemudian terminal, ga ada karena situasinya tidak ada yang mudik. Nah jadi kita situasinya akan banyak di jalan muter kita," tambah Heru.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Heru Novianto (tengah) (MP/Kanugraha)

Heru menyebut, faktor Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mampu menekan angka kriminalitas. Hal ini karena mayoritas orang berada di rumah dan mengurangi aktivitas di luar.

"Copet yang tadinya di sekitar Senen, Tanah Abang, yang tadinya setiap hari ada laporannya. Sekarang sudah tidak ada. Karena mungkin ga ada yang dicopet juga sepertinya karena masyarakat aktif patuhi PSBB," ungkap Heru.

Baca Juga

Habib Bahar bin Smith Kembali Ditangkap Polisi

"Jadi secara umum kriminal selama PSBB menurun lah. Sekitar 30-40 persen lah sudah turun sejak PSBB," tutup dia. (Knu)



Angga Yudha Pratama