Jakarta Kirim Satu Kontingen Reog ke Jawa Timur

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Kamis, 08 Oktober 2015
Jakarta Kirim Satu Kontingen Reog ke Jawa Timur
Pertunjukan reog di halaman Kantor Gubernur DKI Jakarta, Kamis (8/10), sebelum bertolak ke Ponorogo, Jawa Timur dalam rangka Festival Reog Nasional, 12-15 Oktober 2015. (Foto: MP/Fachruddin Chalik)

MerahPutih Megapolitan - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaya Purnama atau akrab disapa Ahok melepas kontingen reog Jakarta di Kantor Gubernur, Kamis (8/10). Kontingen reog tersebut akan bertarung dalam Festival Reog Nasional, di Ponorogo, Jawa Timur yang berlangsung 12-15 Oktober 2015 mendatang.

Seperti diketahui, reog merupakan senian berasal dari Ponorogo, Jawa Timur. Reog merupakan salah satu budaya daerah asli Indonesia yang kental dengan hal-hal mistis dan ilmu kebatinan.

Gubernur Ahok menyempatkan diri menonton pertunjukan reog Ponorogo sebelum bertolak. Kontingen reog berasal dari sanggar Singowijoyo di bawah binaan Paguyuban Reog, dan dipayungi oleh Dinas Pariwisata DKI Jakarta.

"Ini untuk pentas pamitan dan mempertunjukkan kesiapan kami ke ajang Festival Reog Nasional di Ponorogo, agar dilihat oleh pemerintah daerah DKI," ujar Ida Riyani, pengasuh sanggar Reog Singowijoyo DKI Jakarta.

Kontingen reog DKI Jakarta menurunkan sedikitnya 50 anak asuh sanggar yang terdiri dari 30 penari dan 20 penabuh alat musik beserta mentor.

"Persiapan sudah sejak sebulan sebelumnya, yang terdiri dari persiapan fisik, persiapan artistik, persiapan kostum dan lain-lain, standarnya persiapan untuk pementasan besar," sambung Ida.

Menyadari festival yang diikuti adalah ajang tingkat nasional, setiap provinsi mengirimkan kontingennya, Ida tidak berharap terlalu banyak dalam festival tersebut.

"Ya yang penting dapat menunjukkan penampilan yang terbaik, kalau untuk menang itu urusan belakangan, yang penting kontingen Jakarta bisa menampilkan kemampuannya secara maksimal," kata Ida. (aka)

 

Baca Juga:

  1. Menggelar Konser Reog N Roll, Slank Ingin Musik Indonesia seperti K-Pop
  2. Mengenal Budaya Indonesia Lewat Festival Wayang
  3. Film Besutan Garin Kembali Masuk Festival Film Internasional
  4. Festival Saprahan, Budaya Makan Bersama di Pontianak
  5. Leeteuk dan Kangin Super Junior Hadiri Acara Korea Festival 2015 di Jakarta

 

#Kesenian Daerah #Festival Reog Nasional #Ponorogo #Reog
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan