Jakarta Kian Macet, Pengamat Sarankan Anies Bikin Transportasi Massal Jabodetabek Ilustrasi kendaraan - (Antara/Risky Andrianto)

MerahPutih.com - Volume kendaraan di Jakarta kian bertambah. Tak ayal kemacetan kerap menjadi selimut ibu kota. Betapa tidak, penerapan sistem ganjil genap (gege) pun belum juga manjur untuk mengurangi kemacetan.

Pengamat Transportasi dan Ketua Forum Warga Kota Jakarta (FAKTA) Azas Tigor Nainggolan menyarankan kepada pemerintah daerah DKI Jakarta untuk segera membangun layanan transportasi umum massal di Jabodetabek.

Menurut Tigor, selama ini moda transportasi massa di kota metropolitan belum bagus dan belum akses.

"Keengganan masyarakat itu membuat mereka lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi. Akibatnya Jakarta terus macet dan memang pemprov Jakarta tidak ada upaya mau mengurai kemacetan itu," kata Tigor kepada wartawan, Senin (14/1).

Harusnya, lanjut dia, pemprov DKI segera membangun integrasi layanan transportasi umum di Jakarta sehingga mudah diakses dan jadi pilihan bertransportasi masyarakat.

Kemacetan Jakarta pada kamis (2/8) (@jktinfo)
Kemacetan Jakarta pada kamis (2/8) (@jktinfo)

Ia menambahkan, pemprov DKI belum juga membangun sistem menyeluruh transportasi umum massal di Jakarta. Harusnya pemerintah bekerja sama Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) membangun integrasi layanan transportasi umum massal di Jakarta dan kota di sekitarnya.

Menurut dia, gagasan permintaan pusat agar dibangun koneksi transportasi umum massal di Jabodetabek merupakan jawaban untuk memperbaiki layanan transportasi serta mengurai kemacetan Jakarta.

"Jika layanan transportasi massal dibangun secara baik koneksi atau integrasinya. Maka akan membuat masyarakat lebih menggunakan angkutan umum dan meninggalkan kendaraan pribadinya di rumah. Nah, seharusnya Gubernur Jakarta Anies Baswedan bekerja sama BPTJ membangun sistem integrasi layanan Transjakarta serta angkot di Jakarta dengan moda angkutan massal MRT serta LRT yang dikelola oleh pemerintah nasional," tuturnya. (Asp)


Tags Artikel Ini

Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH