Jakarta Kebanjiran di Mana-mana, Polisi Turun Tangan

Zulfikar SyZulfikar Sy - Kamis, 19 Desember 2019
Jakarta Kebanjiran di Mana-mana, Polisi Turun Tangan
Kondisi lalulintas setelah genangan surut di depan Plaza Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (17/12/2019). (ANTARA/Livia Kristianti)

MerahPutih.com - Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Gatot Eddy Pramono minta anak buahnya memetakan titik-titik genangan di wilayah Ibu Kota dan sekitarnya.

Hal ini mengingat telah masuknya musim penghujan. Apalagi, beberapa titik di Jakarta baru saja mengalami banjir. Bahkan banjir terjadi hingga di kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno, Tanah Abang, Jakarta Pusat beberapa waktu lalu.

Baca Juga:

Komentar Jokowi soal Banjir dan Macet di Jakarta

Gatot mengatakan, pemetaan bertujuan guna mengantisipasi kemacetan saat perayaan Hari Raya Natal dan tahun baru 2020.

Daftar 54 lokasi rawan banjir di Jakarta. ANTARA/HO-Polda Metro Jaya
Daftar 54 lokasi rawan banjir di Jakarta. ANTARA/HO-Polda Metro Jaya

"Kita mengantisipasi dengan mapping (memetakan) terlebih dahulu titik mana yang dapat menimbulkan terjadinya banjir, apakah itu dalam kondisi genangan air atau yang dapat menimbulkan banjir sehingga mengganggu kelancaran arus berlalu lintas," katanya di Markas Polda Metro Jaya, Kamis (19/12).

Untuk itu, lanjut Gatot, pihaknya akan berkoordinasi dengan TNI dan pemerintah daerah terkait guna mengurai kemacetan akibat genangan atau banjir.

Baca Juga:

Setelah Motor ‘Berenang’ Dibanjir, Ini Tips Mengatasinya

Pangdam Jaya Mayjend (TNI) Eko Margiyono menambahkan, pengendara roda dua tidak menggunakan bahu jalan saat hujan untuk berteduh. Hal tersebut dinilai dapat menimbulkan kemacetan yang mengganggu pengguna jalan lain.

Banjir di depan Plaza Senayan. (Foto: Twitter @TMCPoldaMetro)
Banjir di depan Plaza Senayan. (Foto: Twitter @TMCPoldaMetro)

"Pengguna sepeda motor jangan berhenti seenaknya saat ingin berteduh, tapi dampak dari itu ke kita semua. Karena kalau kemacetan panjang sampai terkunci, maka polisi akan berat mengurainya," katanya. (Knu)

Baca Juga:

BPBD DKI Sebut Daerah Rawan Banjir di Bantaran Kali Ciliwung

#Banjir Jakarta #Polda Metro Jaya
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan