Jakarta Jadi Tuan Rumah Kongres Penerbit Internasional Ke-33 Ilustrasi. (Foto: MP/Pixabay.com/Pexels)

MerahPutih.com - Asosiasi Penerbit Internasional (International Publishers Association) memilih Jakarta sebagai tuan rumah Kongres Penerbit Internasional ke-33 yang akan diselenggarakan pada 11-13 November 2022.

Terpilihnya Jakarta karena telah lama menjadi pusat literatur, budaya, dan kesenian. Ibu kota Indonesia ini juga memiliki 5.604 perpustakaan, 1.240 penerbit, dan 30 persen dari seluruh toko buku modern Indonesia ada di kota ini.

Baca Juga:

Jakarta PSBB Lagi, Bioskop Batal Dibuka

Setiap tahun, industri penerbitan Indonesia yang ditopang oleh lebih dari 5.000 penerbit menghasilkan 120.000 judul, menjadikan Indonesia sebagai salah satu produsen buku terbesar di Asia Tenggara.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan kesiapannya sebagai tuan rumah dalam menyambut anggota IPA dan seluruh peserta kongres.

Gubernur DKI Anies Baswedan saat peringatan Hari Sumpah Pemuda di Silang Monas, Senin (28/10). (Foto: MP/Asropih)
Gubernur DKI Anies Baswedan saat peringatan Hari Sumpah Pemuda di Silang Monas, Senin (28/10). (Foto: MP/Asropih)

“Dengan menjadi tuan tumah, Jakarta telah mengambil peran penting dan menunjukkan kesiapannya untuk menjadi jembatan perkembangan industri buku di wilayah Asia Pasifik, di mana 60 persen populasi dunia berada," terang Anies di Jakarta, Kamis (10/9).

Baca Juga:

Jakarta Kembali PSBB, Wisata Ancol Ditutup

Lebih lanjut, Anies berharap Kongres Penerbit Internasional ke-33 berjalan sukses dan turut berdampak bagi tanah air.

“Selain itu, Jakarta sudah terbukti sebagai tempat perhelatan kegiatan-kegiatan internasional. Semuanya berakhir sukses dan gemilang," tuturnya.

Anies pun menyakini, Kongres Penerbit Internasional ke-33 ini akan berjlan sukses dan membawa perubahan signifikan untuk industri penerbitan di tanah air. (Asp)

Baca Juga:

Jakarta Kembali PSBB, Pemerintah Pusat Tetap Ingin PNS dan Pekerja Ngantor

Kredit : asropihs

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH