Jakarta International Coffee Conference Dukung Perkembangan Hulu dan Hilir Industri Kopi

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Kamis, 02 November 2023
Jakarta International Coffee Conference Dukung Perkembangan Hulu dan Hilir Industri Kopi
JICC siap digelar di Sarinah. (JICC)

ACARA Jakarta International Coffee Conference (JICC) akan digelar di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat, pada 17-19 November 2023. JICC akan melibatkan para pembicara dan pelaku industri kopi kelas dunia.

JICC juga akan menjawab kebutuhan para stakeholder mulai dari produksi, investasi, hingga pemasaran, melalui kolaborasi pentahelix baik lokal maupun internasional. Selain mengundang para pembicara yang kompeten di bidang ini, JICC juga dikemas dengan berbagai konten pendukung yang menarik sehingga dapat menjangkau audiens lebih luas.

Baca Juga:

Jakarta Coffee Week 2023 Hadir di ICE BSD City 3-5 November

Jakarta International Coffee Conference Dukung Perkembangan Hulu dan Hilir Industri Kopi
Beberapa acara menarik akan digelar di JICC. (Unsplash/Krists Luhaers)

“Melalui JICC, kami ingin memperkenalkan ekosistem industri kopi Indonesia yang siap berkompetisi pada tingkat global. Serta memfasilitasi kolaborasi tingkat internasional antara pelaku industri kopi Indonesia dengan dunia,” kata Ketua Komite JICC Andanu Prasetyo, dalam keterangan pers yang diterima.

JICC terselenggara berkat kerja sama Indonesia Gastronomi Network dan komunitas Jakarta Coffee Experience, dengan berbagai pihak seperti Jaya Raya, Enjoy Jakarta, Sukses Jakarta Untuk Indonesia, Jakarta Creative, TEAMUP Creative Ecosystem dan mendapatkan dukungan penuh dari Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI).

Lebih lanjut, Ketua Penyelenggara Ahmad Romero Comacho menjelaskan, terdapat empat nilai inti yang mendasari terselenggaranya JICC. Empat nilai tersebut adalah komunitas yang saling mendukung secara positif, kolaborasi yang menghasilkan gerakan bersama dan berdampak, pengalaman yang tercipta dari aktivitas kolaborasi dan komunitas, serta kegiatan Business to Business (B2B).

Baca Juga:

Mengenal 2 Jenis Kopi dari Flores NTT yang Mendunia

Jakarta International Coffee Conference Dukung Perkembangan Hulu dan Hilir Industri Kopi
JICC juga dikemas dengan berbagai konten pendukung yang menarik sehingga dapat menjangkau audiens lebih luas. (Foto: Pexels/Ketut Subiyanto)

“Melalui diplomasi kopi dan konferensi ini diharapkan bisa menjadi solusi untuk para pelaku. Mulai dari petani kopi, barista, hingga pemilik usaha agar lebih berkembang dan diharapkan bisa terjadi kolaborasi bersama meningkatkan industri kopi Indonesia dan dunia,” jelas Ahmad.

Adapun beberapa rangkaian acara yang akan digelar, seperti konferensi dan edukasi, diplomasi kopi, coffee business matching, coffee and art exhibition, dan Indonesia Coffee Competition (ICC) Leauge.

ICC League Kejuaraan barista liga kopi yang diselenggarakan hasil kolaborasi Poros Kopi dan JICC sebagai tuan rumah. Sebanyak 14 tim akan bertanding mengumpulkan poin terbesar untuk lolos ke tahapan selanjutnya. ICC League digelar melalui beberapa tahap yaitu 16 besar, Perempat Final, Semi Final, dan Final untuk memperebutkan tempat di kompetisi nasional dan tingkat internasional. (and)

Baca Juga:

Kopi Gayo, Saksi Bisu Kekuasaan Belanda di Dataran Tinggi Gayo

#Kopi #SCAI #Wisata
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan