Merawat Ingat

Jakarta Custom Culture Kenalkan Budaya Kustom ke Indonesia

P Suryo RP Suryo R - Sabtu, 27 Agustus 2022
Jakarta Custom Culture Kenalkan Budaya Kustom ke Indonesia
Acara ini digagas oleh Jakarta Hot Rod and Classic American Community (JHCC). (Instagram@Jakarta_custom_culture)

MELAKUKAN modifikasi kendaraan, seringkali menjadikan kepuasaan bagi para pemiliknya. Modifikasi yang dilakukan untuk membuat performa kendaraan menjadi lebih baik, memberikan kenyamanan atau sekedar untuk estetika.

Budaya kustom kulture sudah populer sejakan tahun 1950 - 1960-an di Amerika Serikat, yang lahir dari budaya California Hot Rod. Budaya itu pun terus berkembang hingga saat ini, bahkan ke Indonesia.

Di Indonesia sendiri terdapat salah satu acara yang memang mewadahi karya-karya modifikasi kendaraan baik motor dan mobil karya anak bangsa yaitu, Jakarta Custom Culture (JCC). Dalam acara tersebut, akan terdapat pameran-pameran kendaraan yang telah dimodifikasi

Selain itu, bagi kamu yang suka melakukan modifikasi, bisa mendaftarkan kendaraanmu untuk mengikuti perlombaan yang diadakan, dan bagi para kolektor, terdapat juga pelelangan kendaraan-kendaraan antik.

Baca Juga:

Peringati 55 Tahun AMG, Mercedes Hadirkan Livery Spesial di Balapan F1 Pekan Ini

kostum
Salah satu pemang dalam acara JCC 2018 kategori Pick Award. (Instagram@Jakarta_custom_culture)

Event Jakarta Custom Culture, pertama kali diadakan pada 27 Agustus 2016 di Parkir Selatan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Selatan. Acara ini digagas oleh Jakarta Hot Rod and Classic American Community (JHCC), sebuah komunitas yang mewadahi para pecinta mobil custom Amerika dan Australia atau yang dikenal dengan aliran American Custom.

Pada awal berdirinya acara ini JCC, hanya menyediakan sebanyak 48 booth dan dihadiri lebih dari 2.900 pengunjung. Antusiasme masyarakat dengan hadirnya acara ini, bukan hanya dari para kalangan pecinta modifikasi custom tetapi juga para pecinta seni.

Selain itu, hadirnya komunitas-komunitas pecinta modifikasi custom dari berbagai kota di luar kota serta kesuksesan pada acara sebelumnya membuat acara JCC selanjutnya berpindah ke Gambir Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat. Untuk kapasitas yang lebih besar.

Pada JCC 2017 diramaikan oleh 172 booth dan dihadiri lebih dari 7.600 pengunjung, sedangkan pada tahun 2018 diramaikan oleh 190 both dengan target pengunjung sebanyak 15.000.

Di tahun 2018 merupakan acara terakhir dari Jakarta Custom Culture dengan mengusung tema Drive Ride and Rock n Roll. Untuk kamu para pecinta kustom harap bersabar hati karena hingga saat ini belum ada kabar pasti kapan acara JCC akan kembali diadakan. (nab)

Baca Juga:

Penggemar Bisa Mendesain Helm MotoGP di Snapchat

#Otomotif #Merawat Ingat
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan