Jakarta Coffee Week 2023 Hadir di ICE BSD City 3-5 November

Andrew FrancoisAndrew Francois - Kamis, 26 Oktober 2023
Jakarta Coffee Week 2023 Hadir di ICE BSD City 3-5 November
Jacoweek 2023 akan bawa pengunjung kilas balik ke sejarah kopi Indonesia. (Jacoweek)

JAKARTA Coffee Week (Jacoweek) 2023, perayaan tahunan budaya kopi di Indonesia, akan kembali diselenggarakan pada tanggal 3-5 November 2023 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Hall 10.

Memasuki tahun kedelapan, Jacoweek 2023, yang didukung oleh Bank Mandiri, mengusung tema Past, Present, Future. Acara ini akan membawa pengunjung pada perjalanan mengenai sejarah kopi, menjelajahi dunia kopi saat ini, dan membayangkan masa depan kopi.

Jacoweek yang rutin diadakan setiap tahun, telah menjadi platform strategis bagi para pelaku industri kopi. Ini merupakan solusi one-stop yang menawarkan berbagai kegiatan seputar kopi dan F&B secara langsung bagi para pecinta kopi.

Baca Juga:

Jakarta Coffee Week 2019 Resmi Dibuka

Jakarta Coffee Week 2023 akan hadirkan berbagai aktivitas seru dan menarik. (Jacoweek)

Indonesia dikenal sebagai produsen kopi terbesar ketiga di dunia. Pada periode 2022/2023, Indonesia berhasil memproduksi sekitar 11,85 juta kantong kopi dan mengekspor sekitar 106,69 juta ton kopi selama periode Januari hingga Mei 2023.

Data ini menekankan peran penting Indonesia sebagai tujuan utama dalam industri kopi. Ini berfungsi sebagai pusat pertemuan dan bisnis yang berkembang untuk memajukan industri kopi, baik di tingkat lokal maupun global.

Hendri Kurniawan, Co-Founder Jakarta Coffee Week, menyatakan, "Jacoweek 2023 menjadi lebih istimewa daripada tahun-tahun sebelumnya. Venue yang dua kali lebih besar dari tahun lalu memungkinkan partisipasi yang lebih luas, mulai dari penggemar kopi, barista, hingga merek kopi lokal dan internasional terkemuka."

"Para petani kopi dari berbagai wilayah di Indonesia juga akan berkumpul dalam satu platform ini, memfasilitasi kolaborasi yang kuat bagi semua pihak. Melalui tema 'Past, Present, Future' ini, kami berharap pengunjung yang hadir dapat melihat perjalanan sejarah kopi dan bagaimana kopi berkembang hingga saat ini," tambahnya.

Baca Juga:

4 Tujuan Orang Kunjungi Jakarta Coffee Week 2019

kopi
Akan ada sesi berbagi pengalaman dengan pelaku industri kopi saat ini, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. (Unsplash/Mike Kenneally)

Selama Jacoweek 2023, pengunjung akan dapat menyaksikan langsung kegiatan 'Nyete', sebuah tradisi kuno melukis batang rokok dengan ampas kopi. Selain itu, akan ada sesi berbagi pengalaman dengan pelaku industri kopi saat ini, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Mengenai keberlanjutan industri kopi di masa depan (coffee for sustainability), akan menjadi fokus, termasuk cara penggunaan ampas kopi sebagai bahan yang berguna dalam produk-produk lain.

Jacoweek 2023 akan menampilkan lebih dari 200 merek yang terkait dengan kopi dan teh, baik lokal maupun internasional. Termasuk pemenang penghargaan, pakar kopi, produsen, dan distributor mesin kopi dan teh, serta petani kopi dari seluruh Indonesia.

Salah satu daya tarik lainnya di Jacoweek adalah kompetisi tahunan yang selalu penuh kegembiraan. Tahun ini, terdapat tiga kategori kompetisi menarik. Seperti Tarung Tiga, VNT Roasting Challenge, dan Jacoweek Cup of the Year yang pastinya akan menambah keseruan acara bagi pengunjung yang hadir. (waf)

Baca Juga:

Livin' Jakarta Coffee Week 2021 Siap Digelar Luring

#Kopi
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan