Jakarta Belum Bebas Penyakit Anak Kerdil, Anies Kritik Keseriusan Orangtua Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (MP/Asropih)

MerahPutih.com - Kasus kesehatan anak stunting atau mengalami kekerdilan masih ditemui di wilayah DKI Jakarta. Lalu bagaimana reaksi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan atas fenomena yang mengkhawatirkan di ibu kota ini?

Anies menegaskan seharusnya kasus stunting tidak ada lagi di Jakarta. Menurut dia, masalah stunting ini adalah satu dari sekian banyak deretan masalah ketimpangan yang masih terjadi di ibu kota. Untuk itu, Gubernur meminta dukungan pemerintah pusat untuk menghilangkannya.

"Kerja bersama antara pemerintah pusat maupun pemerintah daerah perlu dilakukan untuk menuntaskan masalah stunting," kata Anies, dalam Deklarasi Komitmen dan Kampanye Nasional Pencegahan Stunting di Lapangan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Minggu (16/9).

Joko Widodo. (Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo memimpin rapat membahas kasus stunting. (Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden)

Gubernur menekankan stunting dipicu asupan gizi buruk bayi di masa awal pertumbuhannya. Masalah gizi kronis pada 1.000 hari pertama kehidupan bisa berdampak pada stunting atau bertubuh pendek.

Untuk itu, Gubernur menyiapkan program-program bersama dengan lintas kedinasan untuk memastikan bahwa intervensi gizi sensitif itu bisa secara serius dituntaskan. "Jika hari ini di Jakarta ada 27 persen kasus stunting, untuk berikutnya lagi, Jakarta sudah bebas stunting," tutur dia, dilansir Antara.

stunting
Ilustrasi mengukur tinggi anak. Foto: Kemenkes

Gubernur juga berharap adanya kesadaran dari dalam keluarga, terutama para orang tua, terhadap makanan sehat dan bergizi untuk anak-anak khususnya, dalam 1.000 hari pertama kehidupan sang anak.

“Angka ini harus kita kurangi, harusnya di Jakarta sudah tidak ada lagi anak yang stunting. (Para orang tua) harus lebih serius melihat makanan dan asupan yang diberikan kepada anak-anak kita," kritik Anies. (*)



Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH