ASN Peneliti Kemenristek Mulai Kena Pemangkasan Eselon III-IV Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) / Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Bambang PS Brodjonegoro. (Foto: antaranews)

MerahPutih.com - Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) / Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Bambang PS Brodjonegoro mengakui perampingan eselon III dan IV di kementeriannya telah mulai dilakukan dengan menyasar jabatan kelompok peneliti.

"Karena peneliti, perekayasa, itu kan jabatan fungsional, itu tidak perlu eselon yang panjang, cukup sampai eselon 2. Habis eselon 2 langsung grup fungsional," kata Bambang, kepada wartawan, usai jadi pembicara di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Senin (11/4).

Baca Juga:

Jokowi Rampingkan Eselon III-IV, Gaji Ribuan Anak Buah Anies Dipangkas

Menurut Bambang, perampingan jabatan eselon ini sudah mulai diterapkan di sejumlah badan yang berada di bawah naungan Kemenristek, misalnya Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

LIPI
Gedung LIPI di Jakarta (Foto: MP/Aang Sunadji)

"Sudah (diberlakukan), mereka (BPPT dan LIPI hanya sampai eselon 2 sisanya fungsional," imbuh mantan Kepala Bappennas saat periode kabinet Jokowi-Jusuf Kalla itu.

Baca Juga:

LIPI Buka Jalur Khusus PNS untuk Jadi Pejabat Fungsional

Sebelumnya, rencana perampingan birokrasi melalui penyederhanan jabatan eselon di kementerian tersebut telah disampaikan Presiden Joko Widodo dalam suatu pidato usai dirinya dikukuhkan sebagai Presiden periode 2019-2024.

Jokowi menuturkan penyederhanaan birokrasi harus terus dilakukan besar-besaran. Investasi untuk penciptaan lapangan kerja harus diprioritaskan. Prosedur yang panjang harus dipotong. birokrasi yang panjang harus dipangkas.

"Eselonisasi harus disederhanakan. Eselon I, eselon II, eselon III, eselon IV, apa tidak kebanyakan? Saya minta untuk disederhanakan menjadi 2 level saja, diganti dengan jabatan fungsional yang menghargai keahlian, menghargai kompetensi," kata Jokowi, dikutip Antara, beberapa waktu lalu. (*)

Baca Juga:

Akademisi Sebut Pemangkasan Eselon Berdampak pada Masa Depan Karier ASN



Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH