Jajaran Aktor Pemeran Joker dari Masa ke Masa Kali ini Joker diperankan Joaquin Phoenix (Foto: cultured vultures)

JOKER memang menjadi salah satu film yang sedang diperbincangkan moviegoers. Meski sempat menyulut kontroversi karena dikhawatirkan berdampak buruk bagi psikologi penonton, Joker digadang-gadang sebagai film terbaik di tahun 2019 ini.

Sebenarnya Joker sudah pernah muncul beberapa kali di film-film DC. Hanya saja aktor yang memerankannya selalu berganti-ganti. Kali ini Joker diperankan oleh Joaquin Phoenix, seorang aktor berbakat kelahiran 28 Oktober 1974.

Baca juga:

Avengers: Damage Control, Pengalaman VR Bertarung Bersama Superhero Marvel

Berganti dari masa ke masa, inilah beberapa aktor yang memerankan Joker sebelum Joaquin Phoenix.

1. Cesar Romero

Cesar Romero, pemeran Joker pertama dalam film Batman The Movie tahun 1966 (Foto: thewrap)
Cesar Romero, pemeran Joker pertama dalam film Batman The Movie tahun 1966 (Foto: thewrap)

Aktor pertama yang memerankan Joker di depan kamera adalah Cesar Romero. Ia muncul pada serial TV Batman tahun 1960-an. Menariknya, tak hanya layar kaca, Cesar Romero sempat berlaga di layar lebar dalam film Batman: The Movie (1966).

Sayangnya, Romero dianggap tidak totalitas saat memerankan Joker. Ia tak mencukur kumis sehingga mengalihkan perhatian sebagian penonton. Bahkan, Romero mengakui kesulitannya saat mendalami karakteristik Joker seperti yang diungkapkan laman syfy wire.

2. Jack Nicholson

Jack Nicholson berhasil meraih nominasi Golden Globe tahun 1990 (Foto: batmanwiki fandom)
Jack Nicholson berhasil meraih nominasi Golden Globe tahun 1990 (Foto: batmanwiki fandom)

Aktor selanjutnya yang sempat memerankan badut psikopat ini adalah Jack Nicholson. Disutradarai oleh Tim Burton, film Batman tahun 1989 berhasil diperankan secara mendalam. Karakteristik Joker yang kejam dan menampilkan aksi sadis membunuh tanpa alasan menambah keseruan film ini.

Baca juga:

Poster James Bond 'No Time to Die' Resmi Dirilis

Aksi pertarungan dengan Batman yang menegangkan membuat penonton terpukau. Tak hanya itu, dalam film edisi ini juga dikisahkan asal mula munculnya Joker yakni karena terkena limbah kimia.

3. Heath Ledger

Peran Heath Ledger dalam film The Dark Knight menuai kontroversi (Foto: sciencefiction.com)
Peran Heath Ledger dalam film The Dark Knight menuai kontroversi (Foto: sciencefiction.com)

Diperankan oleh Heath Ledger dalam film The Dark Knight (2008), Joker kembali mengancam ketentraman masyarakat Gotham. Kali ini ia hadir berbeda. Wajah putih akibat tumpahan kimia, berubah jadi mata hitam rakun dan bekas luka di bagian pipi.

Mengejutkannya, pendalaman peran Joker yang dilakukan Ledger berakhir tragis. Dikabarkan meninggal sebelum rilis, The Dark Knight jadi salah satu film Joker terlaris sepanjang masa. Pendapatannya lebih dari satu miliar dolar atau setara Rp14,1 triliun di setiap box office seluruh dunia seperti yang dikabarkan laman thetylt.

4. Jared Leto

pemeran Joker dalam Suicide Squad, Jared Leto hadir lebih kurus dan bertato (Foto: bustle)
pemeran Joker dalam Suicide Squad, Jared Leto hadir lebih kurus dan bertato (Foto: bustle)

Tayang Agustus 2016, pemeran Joker dalam Suicide Squad, Jared Leto menopang beban berat. Memainkan karakter yang dipopulerkan ke layar lebar oleh dua aktor peraih Oscar. Berbeda dari sebelumnya, kali ini Joker bertemu Harley Quinn, kekasihnya. Joker juga hadir lebih kurus dan bertato.

Aktor sekaligus vokalis banda 30 Second to Mars ini mendalami peran secara ekstrem. Mulai dari mengisolasi diri hingga mengubah nama panggilan jadi Mr. J atau Smiley. Bahkan, kejadian aneh lainnya terjadi saat pemberian hadiah kondom bekas dan dildo (alat bantu berhubungan intim) ke temannya. (Dys)

Baca juga:

Heath Ledger vs. Joaquin Phoenix, Siapa Aktor Pemeran Joker Terbaik?


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH