Jajal Pesawat Baru ke Angkasa Luar, NASA dan SpaceX Siap Cetak Sejarah NASA dan SpaceX siap catat sejarah baru. (Foto: The Verge)

SETELAH dua hari melakukkan pemeriksaan intensif, pesawat ruang angkasa milik NASA dan roket SpaceX akan menuju Stasiun Ruang Angkasa (ISS) pada 27 Mei 2020.

Hingga saat ini, masih ada beberapa pekerjaan yang harus dilakukan oleh NASA dan SpaceX termasuk ulasan lainnya. Namun, beberapa pihak memutuskan bahwa tidak ada masalah besar yang dapat menghalangi perjalanan tersebut.

Baca juga:

Astronot AS dan Kosmonot Rusia Berangkat ke Luar Angkasa di Tengah Pandemi COVID-19

Pada 27 Mei, SpaceX akan dijadwalkan untuk meluncurkan dua astronot NASA, yakni Bob Behnken dan Doug Hurley ke ISS.

Penerbangan ini merupakan tes terakhir untuk SpaceX sebagai bagian dari Program Awak Komersial NASA, yang meminta perusahaan swasta untuk membuat kendaraan yang dapat mengangkut astronot dari ISS.

Kendaraan tersebut adalah Crew Dragon, pesawat yang telah melewati tahap pengembangan dan pengujian selama enam tahun.

Jajal Pesawat Baru ke Angkasa Luar, NASA dan SpaceX Siap Cetak Sejarah
Pesawat Crew Dragon. (Foto: Spaceflight Now)

“Itu adalah ulasan dan diskusi yang baik. Saya pikir setiap orang di ruangan ini sangat mengerti, bahwa sekarang saatnya untuk berbicara jika ada tantangan,” ujar administrator NASA Jim Bridenstine seperti dilansir laman The Verge.

Bridenstine mencatat bahwa banyak orang yang angkat bicara dan mereka banyak berdikusi mengenai berbagai aspek dari misi ini. Aspek tersebut dibicarakan secara matang untuk mempersiapkan peluncuran yang akan dilakukan dalam waktu dekat.

Jika penerbangan ini berhasil dilakukan, kedua pihak akan mencatat sejarah baru. Untuk pertama kalinya, astronot terbang ke orbit menggunakan pesawat ruang angkasa yang dibangun oleh perusahaan swasta.

Jajal Pesawat Baru ke Angkasa Luar, NASA dan SpaceX Siap Cetak Sejarah
Doug Hurley dan Bob Behnken. (Foto: Business Insider)

Misi yang dinamakan Demo-2 ini akan lepas landas dari Kennedy Space Center di Cape Canaveral, Amerika Serikat, pada 28 Mei 2020 pukul 08.32 WIB. NASA mengatakan bahwa masih ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan sebelum roket meluncur ke ISS.

Pada 23 Mei, para astronot akan melakukan gladi resik dan mengenakan jas antariksa SpaceX, serta mengikuti semua langkah menuju penerbangan. Kemudian pada 25 Mei, pihak NASA dan SpaceX akan melakukan pratinjau tentang misi peluncuran. (and)

Baca juga:

NASA Hadirkan Pelatihan Astronot Online di Tengah Pandemi Corona


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH