Flores Cantik

Jagung Bose, Makanan Pokok Orang Flores

Dwi AstariniDwi Astarini - Senin, 27 Agustus 2018
Jagung Bose, Makanan Pokok Orang Flores
Jagung bose. (foto: sajiansedap)

NASI dan orang Indonesia seperti sejoli yang tak terpisahkan. Saking lekatnya, ada ungkapan yang menyebut 'orang Indonesia belum makan kalau belum menyentuh nasi'. Namun, hal itu sepertinya enggak berlaku untuk orang Flores.

Di 'Tajung Bunga' di gugusan Sunda Kecil itu, warganya memiliki jagung sebagai alternatif makanan pokok. Tak menggherankan jika berbagai olahan jagung nan nikmat berasal dari daerah itu. Salah satuya ialah jagung bose.

Dari asal usul nama, jagung bose memiliki arti jagung yang dilunakkan. Pembuatannya pun cukup panjang. Biji jagung terlebih dahulu ditumbuk dan dicampur air. Setelah terkelupas, barulah jagung siap dimasak. Biasanya jagung dimasak dengan kacang merah agar kuah jagung nantinya menampakkan warna yang menarik. Kuah jagung bose terbuat dari santan yang sudah melewati tiga kali peras.

jagung bose
Jagung bose jadi pengganti nasi. (foto: masakandapurku.com)

Tak hanya tampil polos, jagung bose juga kerap dicampur daging se'i. Bahkan, jagung bose juga dimakan sebagai pengganti nasi yang dihidangkan bersama ikan bakar.

Kabar baiknya, buat kamu yang tengah berdiet, menu jagung bose untuk sarapan bisa jadi pilihan sehat dan pas. Yuk, coba bikin sendiri dengan resep berikut.

RESEP JAGUNG BOSE

BAHAN-BAHAN

1 liter air
800 gr jagung biasa, dipipil
400 gr labu manis, potong kotak kecil
300 ml santan dari 1 butir kelapa
150 gr kacang merah, rendam semalaman
1/2 sendok teh garam

CARA MEMASAK

1. Rebus air sampai mendidih, kemudian masukkan kacang merah dan rebus sampai empuk.

2. Setelah empuk masukkan jagung biasa dan labu manis lalu rebus sampai semua bahan empuk dan matang.

3. Masukkan santan dan garam, lalu masak lagi sampai kuah menyusut dan empuk. Angkat dan sajikan masakan jagung bose ini selagi masih hangat.(*)

#Flores Cantik
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan