Kesehatan
Tips Jaga Stamina untuk Perjalanan Mudik  Kenali tips menjaga stamina untuk persiapan perjalanan mudik(Foto: pixabay/publicdomainpictures)

TAHUN ini, agenda mudik kembali bisa ditunaikan. Setelah dua tahun pandemi COVID-19 membuat segala hal serbaterbatas dan dilarang, tahun ini pemerintah mengizinkan masyarakat untuk melaksanakan mudik Lebaran. Masyarakat yang akan mudik tahun ini mulai bersiap.

Baca Juga:

Mudik Dengan Mobil SUV? Perhatikan Hal Penting Ini

Mereka yang akan menempuh perjalanan jauh menuju kampung halaman butuh energi yang lebih banyak. Untuk itu, agar tubuh tetap sehat serta bertenaga selama perjalanan, dr Diana F Suganda memberikan sejumlah tips menjaga kebugaran tubuh saat mudik Lebaran.

Diana, seperti dilansir ANTARA, mengatakan pemudik harus memastikan kecukupan istirahat. Sehari sebelum perjalanan menuju kampung halaman, pastikan kamu dan keluarga cukup beristirahat. Dengan begitu, jika mengendarai kendaraan pribadi, kamu beserta keluarga bisa dalam kondisi fit dan segar.

Pastikan kamu cukup istirahat agar bisa melakukan perjalanan mudik dengan kondisi tubuh yang bugar. (Foto: pixabay/engin_akyurt)

Sementara itu, apabila kamu dan keluarga memilih memakai transportasi umum seperti bus, pesawat atau kereta api, cobalah untuk menghindari transportasi yang terlalu ramai atau sesak agar perjalananmu lebih nyaman. Hal tersebut pun bisa mengurangi risiko tertular penyakit saat di perjalanan.

Tips kedua yaitu siapkan perbekalan bergizi saat perjalanan. Bila memilih mudik di suasana Ramadan, pastikan kamu makan sahur dengan gizi seimbang. Diana menyarankan memilih karbohidrat kompleks, seperti nasi, kentang, atau roti gandum untuk sumber energi.

Selain karbohidrat kompleks, kamu juga bisa melengkapi menu sahur dengan protein hewani dan nabati, seperti daging, ayam, ikan, telur, tahu, dan tempe.

Lengkapilah menu sahur kamu dengan sayuran serta buah-buahan yang mengandung vitamin C, zinc, dan kalsium. Hindari makanan yang terlalu berlemak seperti santan, gorengan, dan makanan pedas saat sahur. Karena, makanan tersebut bisa bikin kamu kembung, begah, hingga nyeri ulu hati ketika berpuasa. Hal itu tentunya bisa membuat perjalanan mudik kamu terganggu.

Baca Juga:

Idul Fitri 2019 Jaga Kesehatan Mudik Lebaran Kamu dengan Asupan Vitamin Ini

Lengkapi sahur dengan buah-buahan, susu, dan sayuran (Foto: pixabay/jan_photo)

Pastikan juga untuk mengonsumsi air putih ketika sahur. Kamu bisa membawa bekal seperti buah-buahan atau susu. Susu mengandung makronutrien an mikronutrien yang diperlukan tubuh.

Susu segar mengadung protein, fosfor, kalsium hingga vitamin D yang baik bagi kesehatan tulang dan otot. Di samping itu, susu pun mengandung berbagai vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin E, seng serta selenium yang berfungsi sebagai antioksidan dan membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Jadi susu sangat coock menjadi bekal dalam perjalanan mudik.

Tips ketiga, beristirahatlah ketika lelah. Jangan memaksakan diri untuk tetap berkendara, karena berisiko bagi keselamatanmu dan keluarga. Terlebih bila jarak tempuhnya cukup jauh. Oleh karena itu, untuk kamu yang mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi, sebaiknya beristirahat ketika merasa sudah lelah atau mengantuk.

Luangkanlah waktu setidaknya 15 menit untuk beristirahat serta melakukan gerakan-gerakan stretching, agar tubuh tidak terasa kaku. Peregangan berguna melancarkan peredaran darah serta mengusir rasa penat dan pegal tubuh. Dengan begitu, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan lebih segar setelah peregangan.

Tips keempat, jangan lupa membawa obat-obatan pribadi. Pastikan kamu membawa obat-obatan pribadi seperti obat antimabuk perjalanan, obat sakit kepala, obat flu, obat masuk angin, dan obat diare selama perjalanan. Selain itu, kamu juga bisa membawa suplemen hingga obat-obatan khusus lainnya apabila mengidap penyakit tertentu.

Mempersiapkan obat-obatan sangat berguna untuk terjadi hal-hal yang bersifat darurat saat di perjalanan. Dengan begitu, perjalanan mudik kamu akan terasa nyaman dan aman karena kamu berada dalam kondisi yang prima.

Ingatlah untuk tetap menerapkan protokol kesehatan selama perjalanan mudik, seperti mencuci tangan, menjaga jarak aman, memakai masker, dan menghindari keramaian. (Ryn)

Baca Juga:

Cara Jitu Ini Ampuh Tepis Rasa Kantuk Saat Mudik Dengan Kendaraan Pribadi

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
WhatsApp Kembangkan Fitur Ruang Obrolan Grup
Fun
WhatsApp Kembangkan Fitur Ruang Obrolan Grup

WhatsApp mengumumkan fitur baru ini lewat cicitan Twitter.

Kenali Tanda-Tanda sebelum Anak Mengakhiri Hidupnya
Hiburan & Gaya Hidup
Kenali Tanda-Tanda sebelum Anak Mengakhiri Hidupnya

Bunuh diri sudah menjadi penyebab kematian nomor dua di AS.

Mobil Balap F1 Ferrari F300 Eks Michael Schumacher Dilelang
Fun
Mobil Balap F1 Ferrari F300 Eks Michael Schumacher Dilelang

Harga pembukanya capai puluhan miliar rupiah.

Resmi Diumumkan, ini Daftar Lengkap Nominasi Grammy Awards 2022
ShowBiz
Karcis Bioskop, Benda Bersejarah Pemicu Nostalgia
Fun
Karcis Bioskop, Benda Bersejarah Pemicu Nostalgia

Secarik karcis yang penuh dengan ribuan kenangan.

Tali Skipping Prada Dibanderol Rp18 Juta, Apa Spesialnya?
Fashion
Tali Skipping Prada Dibanderol Rp18 Juta, Apa Spesialnya?

Tak mengherankan bila melihat rumah mode ternama dunia menjual barang-barang fesyen hingga non-fesyen dengan harga selangit. Seperti yang dilakukan Prada dengan menjual tali skipping yang dibanderol hingga belasan juta rupiah.

Bayang-Bayang Stunting di Masa Pandemi
Fun
Bayang-Bayang Stunting di Masa Pandemi

Pemenuhan gizi anak di masa pandemi.

Mosi Integral Mohammad Natsir Wujudkan NKRI
Fun
Mosi Integral Mohammad Natsir Wujudkan NKRI

Mosi Integral Mohammad Natsir dianggap sebagai Proklamasi Kedua.

Hal Menarik untuk Disimak Sebelum Nonton 'Thor: Love and Thunder'
ShowBiz
Hal Menarik untuk Disimak Sebelum Nonton 'Thor: Love and Thunder'

'Thor: Love and Thunder' disutradarai oleh Taika Waititi.

Sibuk dengan Proyek Solo, Jarwo: Naif Belum Bubar
ShowBiz
Sibuk dengan Proyek Solo, Jarwo: Naif Belum Bubar

Jarwo ingin Naif jalan terus sampai mati.