Jaga Ponsel Pintarmu dari Bahaya Karena amat penting, ponsel pintar wajib dijaga. (foto: Pixabay/TeroVesalainen)

PONSEL pintar kini jadi barang yang sangat penting di kehidupan manusia. Rasanya ada yang kurang lengkap kalau ponsel pintar ketinggalan. Dari bangun tidur sampai mau kembali tidur, ponsel jadi barang yang selalu dipegang. Apa pun yang ingin kamu lakukan, ponsel pintar memudahkannya di genggaman.

Saking pentingnya ponsel pintar buat hidup kita, tentunya penting juga untuk melindunginya agar tidak rusak. Merahputih.com merangkum beberapa tips yang bisa kamu lakukan buat melindungi ponsel pintarmu.

BACA JUGA: Nostalgia dengan Ponsel Lipat Milik Motorola


1. Gunakan case yang sesuai

ponsel pintar
Casing akan melindungi ponselmu. (foto: jakarta notebook)

Casing ponsel pintar ternyata enggak cuma berguna buat gaya saja loh. Ada juga casing yang dapat digunakan untuk melindungi ponselmy dari benturan. Contohnya seperti bumper case yang didesain untuk menerima gaya benturan jadi ponsel tetap aman walaupun terjatuh dari tempat yang cukup tinggi.

Pilihan lain, kamu juga bisa menggunakan wallet case, jadi casing-mu juga bisa berfunsi sebagai dompet. Meski tak setangguh bumper case, wallet case juga dapat melindungi ponselmu dari benturan ringan dan meproteksi layarmu dari goresan.

2. Pasang screen protector

ponsel pintar
Tempered glass akan melindungi layarmu. (foto: jakarta notebook)

Meskipun udah pakai casing bagus sekalipun, enggak ada salahnya memasang proteksi tambahan untuk ponselmu. Nah, satu barang lagi yang wajib kamu pasang ialah tempered glass. Tempered glass akan melindungi layarmu ketika tertindih atau terjatuh. Selain itu, tempered glass juga melindungi layarmu dari goresan. Entah itu dari kukumu atau benda-benda lainnya.

3. Jaga baterai tetap awet

ponsel pintar
Rawat baterai dengan cara mengecas yang tepat. (foto: pixabay/rawpixel)

Setelah menjaga ponsel pintarmu dari bahaya yang berasal dari luar, kamu juga perlu memperhatikan bahaya dari dalam juga. Khususnya umur baterai ponselmu. Gunakan pengecas dengan daya yang sesuai. Sebisa mungkin gunakan pengecas original untuk mengurangi risiko kerusakan.

Selain itu, jangan gunakan ponselmu ketika sedang dicas, apalagi buat main gim. Hal tersebut bisa membuat bateraimu cepat panas dan akhirnya menyebabkan kebocoran baterai. Terakhir, usahakan cas ponselmu hanya sampai 80% untuk menghindari overcharge. Jangan gunakan bateraimu sampai habis terkuras.

4. Hapus aplikasi yang tidak dipakai

ponsel pintar
Hapus aplikasi yang tak digunakan. (foto: pixabay/Jshoots.com)

Langkah lain yang penting kamu lakukan untuk melindungi ponsel pintarmu dari dalam ialah menghapus aplikasi yang tidak dipakai. Secara tidak sadar, banyak aplikasi yang berjalan tanpa sepengetahuan penggunanya. Tentunya hal tersebut membuat ponsel harus bekerja keras karena menjalankan banyak aplikasi. Selain itu, dengan menghapus aplikasi yang sudah tidak kamu gunakan, kamu jadi punya ruang penyimpanan yang bisa kamu gunakan untuk hal-hal lain.

5. Rutin update OS

ponsel pintar
Caption

Hal terakhir yang dapat kamu lakukan untuk melindungi ponselmu ialah memperbarui operating system (OS) secara rutin. Meski terkesan sepele, update OS biasanya membawa banyak perubahan baru yang tak hanya membuat ponsel pintar terasa lebih baru, tapi juga bekerja lebih baik.

Pembaruan OS juga biasanya melindungimu dari ancaman-ancaman virus terbaru yang mungkin menyerang ponsel pintarmy. Akan tetapi, sebelum membarui OS, kamu disarankan untuk membaca berita soal pembaruan itu. Hal itu penting dilakukan untuk memastikan pembaruan itu dapat bekerja dengan baik.(sep)

BACA JUGA: 3 Cara Tingkatkan Usia Baterai Laptop Kamu



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH