Jaga Nama Baik Indonesia, Ojol Batalkan Aksi Unjuk Rasa Saat Asian Games

Andika PratamaAndika Pratama - Kamis, 16 Agustus 2018
Jaga Nama Baik Indonesia, Ojol Batalkan Aksi Unjuk Rasa Saat Asian Games
Gabungan Roda Dua (Garda). Foto: MP/Gomes

MerahPutih.com - Pengemudi ojek online (ojol) rencananya akan melakukan aksi unjuk rasa pada Sabtu (18/8) mendatang. Adapun agenda dari aksi yang dinamakan Aksi 188 ini adalah menuntut aplikator menaikan tarif perkilometer.

Perkumpulan ojek online yang menamakan dirinya Gabungan Roda Dua (Garda) menyatakan, pihaknya akan mengundur aksi unjuk rasa tersebut. Hal ini dikarenakan aksi tersebut bertepatan dengan acara pembukaan Asian Games 2018.

Presidium Garda wilayah Depok dan Bogor, Theresia mengatakan, pihaknya akan mengundur aksi tersebut. Menurutnya, kepentingan bangsa lebih penting daripada aksi yang akan digelar.

Gabungan Roda Dua (Garda). Foto: MP/Gomes

"Kami presidium Garda menjaga bangsa Indonesia dan NKRI. Kami juga mendukung pemerintah dalam menjaga martabat bangsa, kita akan undur Aksi 188 hingga waktu yang telah ditentukan," kata Theresia di kawasan Kemayoran, Jakarta, Kamis (16/8).

Menurut Theresia, masalah mendasar pengemudi ojol melakukan aksi ialah menuntut kenaikan tarif. Disampaikannya, tarif yang ada saat ini belum manusiawi.

"Tarif manusiawi yang kita tuntut Rp3.000 per kilometer. Tarif sekarang Rp1.700 per kilometer, sementara harga yang ada saat ini sudah mahal," jelasnya.

Ditempat yang sama, penanggungjawab aksi Yohanes Ben menjelaskan, pihaknya tidak bertanggungjawab bila ada oknum pengemudi ojol yang tetap melakukan aksi. Lagipula bila aksi tetap digelar, risiko yang ditimbulkan cukup besar.

Pasukan pengemudi ojek online GO-JEK. (Foto: www.instagram.com/gojekindonesia/)

"Kita telah pertimbangkan lebih jauh aksi, risiko dan akses keselamatan jiwa massa. Kita menghargai konstitusi karena selama ini pemerintah telah membantu kita dalam perjuangan," jelasnya.

Sementara ketua umum solidaritas driver ojol Andreanes menuturkan, pengunduran aksi karena pengemudi ojol enggan dicap menjelekkan negara. Mengingat Asian Games merupakan even olahraga terbesar se-Asia.

"Kami nggak mau dianggap menjelakan NKRI dan tidak mendukung Asian Games. Kami tidak mau dianggap mengganggu stabilitas negara," tutupnya

Berita ini merupakan laporan Gomes Roberto, kontributor merahputih.com, untuk wilayah Bekasi dan sekitarnya.

#Ojek Online #Demo Ojol #Asian Games 2018
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan