Jaga Miss V Tetap Sehat, Jauhi 2 Makanan Ini Ilustrasi. (pixabay)

BAGI perempuan, urusan menjaga kesehatan vagina bisa jadi hal yang mudah sekaligus pelik. Organ intim perempuan tersebut memang unik karena kesehatannya amat terkait dengan siklus hormonal yang dialami perempuan sepanjang hidupnya.

Beberapa perempuan mungkin mengalami keputihan yang berlebih karena ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. Sementara itu, ada juga yang merasakan gatal tak tertahankan di miss V akibat kelalaian dalam menjaga kebersihannya.

Selain itu, kaum hawa yang mulai memasuki masa pramenopause juga kerap punya isu dengan miss V. Mulai dari perasaan kering hingga pendarahan yang terjadi berminggu-minggu.

Namun tahukah Anda, ternyata ada jenis makanan dan minuman yang ternyata bisa amat tidak baik bagi kesehatan miss V. Apa saja?

Berikut makanan yang punya efek buruk untuk miss V.

1. Makanan manis

gula
Gula membuat jamur mudah berkembang di Miss V. (foto: pixabay)

Sedikit cokelat pekat memang terbutki baik untuk meringankan gejala PMS Anda. Namun, secara umum, gula berlebih amatlah tidak baik untuk vagina.

"Mereka yang rentang terkena infeksi jamur seharusnya mengurangi makanan dan minuman manis, termasuk buah. Hal itu disebabkan gula membantu pertumbuhan jamur di vagina," ujar Leena Nathan, MD, dokter ahli ginekologi dan obstetri di Ronald Reagan UCLA Medical Center seperti dikutip dari Health.

Ternyata, selama ini tak banyak perempuan yang tahu bahwa cairan vagina secara alami mengandung gula. Kandungan gula itulah yang menarik munculnya jamur. Jika ditambah dengan kondisi yang lembap, gula berlebih di area bawah Anda akan membuat jamur berkembang pesat. Tentunya itu akan jadi masalah buat miss V.

2. Alkohol

alkohol
Jauhkan alkohol demi vagina yang sehat. (foto: pixabay)

Seperti gula, alkohol juga mendorong jamur untuk berkembang biak vagina Anda. Selain itu, konsumsi alkohol bisa memperburuk kram yang Anda alami saat menstruasi.

Para ahli menyebut, konsumsi alkohol dalam jumlah sedikit mungkin tidak akan terlalu berpengaruh. Meskipun demikian, ada baiknya untuk menghindari alkohol sama sekali demi kesehatan vagina Anda.

Selain menjaga miss V tetap sehat, menghapus alkohol dari daftar minuman Anda juga akan menjauhkan risiko kanker payudara.(dwi)

Kredit : dwi


Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH