Jaga Kewarasan, Bangun Aquascape Udang pada Aquascape buatan Dre sebagai agen pembersih aquascape yang dapat mempercanrik tampilan aquascape. (Foto: Andreas Ong)

SORE menjelang malam sehabis hujan, seorang pemuda berbadan besar sedang melihat-lihat toko online melalui gawainya. Pemuda yang akrab disapa Dre itu terlihat sedang mencari peralatan aquascape.

"Pusing nih gue, tiap hari kerja malamnya lanjut kuliah. Sabtu, Minggu aja enggak bisa kemana-mana karena harus tetap sehat dan mengingat di rumah gue ada orangtua yang harus dijaga (kesehatannya). Jadi biar membatasi diri keluar-keluar, gue coba-coba buat aquascape" ungkap Dre.

Baca Juga:

5 Wisata Akuarium Terbaik di Dunia, Yuk Isi di Daftar Perjalanan Kamu

akuarium
Aquascape Dre berisi berberapa tanaman dan bebatuan serta beberapa jenis ikan hias, udang, dan siput meramaikan suasana miniatur kehidupan laut. (Foto: Andreas Ong)

Dre yang cukup merasa menggila karena biasanya suka bersosialisasi dan kongkow bersama teman-temannya. Pandemi membuatnya sulit bersosialisasi bersama teman-temanya. Tak hanya itu, Dre juga harus memendam kebiasannya yang suka berkeliling menotret dan mencicipi berbagai kopi.

Merasa pusing karena kondisi pandemi, Dre yang memiliki jiwa seni akhirnya mencoba hobi baru, membuat aquascape. Uang bukan menjadi masalah, karena menurutnya dengan gaji di atas UMR (Upah Minimum Regional), cukup mudah membeli peralatan untuk membuat aquascape. Sebelumnya Dre menekuni hobi ini karena banyaknya conten creator YouTube yang menampilkan indahnya aquascape.

Hari pertama Dre membuat aquacape ia langsung membeli banyak peralatan yang tidak ia ketahui sebelumnya. Alhasil percobaannya gagal untuk membuat aquascape pertamanya. Menyadari banyak kekurangan informasi yang diketahui, membuatnya lebih mempelajari teknik-teknik membuat aquascape yang benar dari YouTube.

Baca Juga:

Yuk Intip Keunikan Toilet Akuarium yang Lagi Viral!

akuarium
Untuk membuat Paludarium Dre mengaku telah mengeluarkan biaya jutaan. (Foto: Andreas Ong)

Lelaki berbadan besar itu mengakui hanya mengandalkan uang dan menyepelekan informasi. Karena saking merasa gila dan penat dengan siklus kehidapan yang selalu sama tiap harinya. Apapun peralatan dan tumbuhan yang dibelinya selalu mati, uang yang dikeluarkan juga tidak sedikit.

Dia menghabiskan 70% dari gajinya untuk memenuhi hobi gilanya. Namun belajar dari kesalahan, berbulan-bulan pun berlalu akhirnya Dre berhasil menemukan secercah harapan dengan hobi barunya itu.

Dengan ukuran tanki (aqurium kosong) 45x25×30 dia berhasil menumbuhkan tanaman pada aquascapenya. Sehabis itu dia mulai memasukan beberapa udang jenis red cherry dan amano. Tidak lupa Dre juga menambahkan ikan jenis neon tetra untuk meramaikan aquascapenya. Untuk mengurangi kotoran pada kaca ia menambahkan keong tanduk yang akan membantu membersihkan kaca.

"Parah banget, bahaya banget kalau buta informasi. Makanya sekarang gue pusing mikirin duitnya. Gue kira ini enggak bakal habis banyak dan nampak terbilang mudah gitu buat aquascape. Ternyata harus rawat tanaman sama hewan airnya tuh susah dan ribet cuy!" jelas Dre.

Baca Juga:

Sehatnya Memelihara Ikan

akuarium
Nano aquascape low tech versi Dre yang ditaruh dikamar tidurnya. (Foto: Andreas Ong)

Ternyata langkahnya tak berhenti sampai disitu saja. Sekarang aquascapenya mendapatkan masalah, mulai tumbuh alga yang mengrogoti tanamannya dan membuatnya busuk. Dia menyadari bahwa itu semua karena kurangnya perawatan pada aquascapenya. Dia tidak sempat merawat semua aquascapenya karena punya tiga tanki. Pertama yaitu aquascape, kedua itu paludarium, dan yang ketiga aquarium kecil yang biasa disebut nano aquascape low tech.

Pengalaman Dre sebagai satgas waras juga mungkin dialami oleh banyak orang. Namun Dre menyadari kalau hobi jangan terlalu banyak tuntutannya kalau belum mengetahui banyak informasi. Setidaknya bisa mulai dari aquascape yang mudah seperti low tech yang tidak memerlukan filter dan co2. Low tech simple adalah aquascape yang kurang lebih berukuran 20x20 dan isinya adalah tanaman jenis fren dan stem plan serta untuk ikannya bisa memilih ikan platy atau ikan jenis rasbora.

Mungkin cara Dre untuk tetap menjaga kewarasan dengan membuat aquascape di tengah pandemi bisa kamu coba sobat Merah Putih. Tapi jangan lupa untuk menyisihkan sebagian uangmu untuk keperluan lain. Karena jika kamu banyak beli peralatan aquascape belum tentu kamu memiliki banyak waktu untuk memperhatikan mahluk hidup didalamnya. (joe)

Baca Juga:

Cara Pelihara Ikan Hias Air Laut Tapi Tinggal di Puncak Bogor

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Siapkan Game 4K Jadi Kode untuk Nintendo Switch Next-Gen
Fun
Siapkan Game 4K Jadi Kode untuk Nintendo Switch Next-Gen

Nintendo minta developer buat game dengan resolusi 4K. Petanda untuk nintendo switch pro

Begini Cara Minta Maaf ke Orang Tua
Fun
Begini Cara Minta Maaf ke Orang Tua

Segera minta maaf ke orang tua kalau berbuat salah.

Cara Aman Cari Jodoh Lewat Platform Pencarian Jodoh
Fun
Cara Aman Cari Jodoh Lewat Platform Pencarian Jodoh

empat hal yang perlu kamu ketahui untuk menciptakan pengalaman yang menyenangkan dan aman lewat platform pencarian jodoh.

Kursi Gaming Ala 'Demon Slayer' Dilengkapi Pedang Pembasmi Iblis
Fun
Kursi Gaming Ala 'Demon Slayer' Dilengkapi Pedang Pembasmi Iblis

Demon Slayer PC Gaming Chair, desain kursi ini terinspirasi dari jubah kimono Giyu Tomioka.

The Riddler Bisa Jadi Anti-Hero di Film The Batman
ShowBiz
The Riddler Bisa Jadi Anti-Hero di Film The Batman

Kehadiran The Riddler sebagai seorang anti-hero mungkin memiliki misi yang mirip dengan Batman.

Cara Menghadapi Persaingan Bisnis secara Sportif
Hiburan & Gaya Hidup
Cara Menghadapi Persaingan Bisnis secara Sportif

Miliki sportivitas tinggi baik dalam kondisi menang maupun kalah.

Brit Awards Didominasi Kemenangan Musisi Perempuan, Ini Daftar Pemenangnya
ShowBiz
Brit Awards Didominasi Kemenangan Musisi Perempuan, Ini Daftar Pemenangnya

Brit Awards 2021 dengan delapan dari 11 piala diberikan kepada musisi perempuan

Tampil di First Festival Episode 3, Yovie & Nuno Bikin Baper
ShowBiz
Tampil di First Festival Episode 3, Yovie & Nuno Bikin Baper

First Festival episode ketiga ini dipersembahkan untuk penanganan COVID-19 di Jawa Timur.

Pengalaman Pariwisata Luar Angkasa dari Turis Pertama di Dunia
Fun
Pengalaman Pariwisata Luar Angkasa dari Turis Pertama di Dunia

Dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi pariwisata luar angkasa pun akan menjadi kenyataan.

Demi Permintaan Anak-Anak, Lego Tinggalkan Plastik
Fun
Demi Permintaan Anak-Anak, Lego Tinggalkan Plastik

Lego telah memutuskan untuk tidak lagi menggunakan kantong plastik sekali pakai