Jaga Kewarasan, Bangun Aquascape

P Suryo RP Suryo R - Rabu, 28 Oktober 2020
Jaga Kewarasan, Bangun Aquascape
Udang pada Aquascape buatan Dre sebagai agen pembersih aquascape yang dapat mempercanrik tampilan aquascape. (Foto: Andreas Ong)

SORE menjelang malam sehabis hujan, seorang pemuda berbadan besar sedang melihat-lihat toko online melalui gawainya. Pemuda yang akrab disapa Dre itu terlihat sedang mencari peralatan aquascape.

"Pusing nih gue, tiap hari kerja malamnya lanjut kuliah. Sabtu, Minggu aja enggak bisa kemana-mana karena harus tetap sehat dan mengingat di rumah gue ada orangtua yang harus dijaga (kesehatannya). Jadi biar membatasi diri keluar-keluar, gue coba-coba buat aquascape" ungkap Dre.

Baca Juga:

5 Wisata Akuarium Terbaik di Dunia, Yuk Isi di Daftar Perjalanan Kamu

akuarium
Aquascape Dre berisi berberapa tanaman dan bebatuan serta beberapa jenis ikan hias, udang, dan siput meramaikan suasana miniatur kehidupan laut. (Foto: Andreas Ong)


Dre yang cukup merasa menggila karena biasanya suka bersosialisasi dan kongkow bersama teman-temannya. Pandemi membuatnya sulit bersosialisasi bersama teman-temanya. Tak hanya itu, Dre juga harus memendam kebiasannya yang suka berkeliling menotret dan mencicipi berbagai kopi.

Merasa pusing karena kondisi pandemi, Dre yang memiliki jiwa seni akhirnya mencoba hobi baru, membuat aquascape. Uang bukan menjadi masalah, karena menurutnya dengan gaji di atas UMR (Upah Minimum Regional), cukup mudah membeli peralatan untuk membuat aquascape. Sebelumnya Dre menekuni hobi ini karena banyaknya conten creator YouTube yang menampilkan indahnya aquascape.

Hari pertama Dre membuat aquacape ia langsung membeli banyak peralatan yang tidak ia ketahui sebelumnya. Alhasil percobaannya gagal untuk membuat aquascape pertamanya. Menyadari banyak kekurangan informasi yang diketahui, membuatnya lebih mempelajari teknik-teknik membuat aquascape yang benar dari YouTube.

Baca Juga:

Yuk Intip Keunikan Toilet Akuarium yang Lagi Viral!

akuarium
Untuk membuat Paludarium Dre mengaku telah mengeluarkan biaya jutaan. (Foto: Andreas Ong)

Lelaki berbadan besar itu mengakui hanya mengandalkan uang dan menyepelekan informasi. Karena saking merasa gila dan penat dengan siklus kehidapan yang selalu sama tiap harinya. Apapun peralatan dan tumbuhan yang dibelinya selalu mati, uang yang dikeluarkan juga tidak sedikit.

Dia menghabiskan 70% dari gajinya untuk memenuhi hobi gilanya. Namun belajar dari kesalahan, berbulan-bulan pun berlalu akhirnya Dre berhasil menemukan secercah harapan dengan hobi barunya itu.

Dengan ukuran tanki (aqurium kosong) 45x25×30 dia berhasil menumbuhkan tanaman pada aquascapenya. Sehabis itu dia mulai memasukan beberapa udang jenis red cherry dan amano. Tidak lupa Dre juga menambahkan ikan jenis neon tetra untuk meramaikan aquascapenya. Untuk mengurangi kotoran pada kaca ia menambahkan keong tanduk yang akan membantu membersihkan kaca.

"Parah banget, bahaya banget kalau buta informasi. Makanya sekarang gue pusing mikirin duitnya. Gue kira ini enggak bakal habis banyak dan nampak terbilang mudah gitu buat aquascape. Ternyata harus rawat tanaman sama hewan airnya tuh susah dan ribet cuy!" jelas Dre.

Baca Juga:

Sehatnya Memelihara Ikan

akuarium
Nano aquascape low tech versi Dre yang ditaruh dikamar tidurnya. (Foto: Andreas Ong)

Ternyata langkahnya tak berhenti sampai disitu saja. Sekarang aquascapenya mendapatkan masalah, mulai tumbuh alga yang mengrogoti tanamannya dan membuatnya busuk. Dia menyadari bahwa itu semua karena kurangnya perawatan pada aquascapenya. Dia tidak sempat merawat semua aquascapenya karena punya tiga tanki. Pertama yaitu aquascape, kedua itu paludarium, dan yang ketiga aquarium kecil yang biasa disebut nano aquascape low tech.

Pengalaman Dre sebagai satgas waras juga mungkin dialami oleh banyak orang. Namun Dre menyadari kalau hobi jangan terlalu banyak tuntutannya kalau belum mengetahui banyak informasi. Setidaknya bisa mulai dari aquascape yang mudah seperti low tech yang tidak memerlukan filter dan co2. Low tech simple adalah aquascape yang kurang lebih berukuran 20x20 dan isinya adalah tanaman jenis fren dan stem plan serta untuk ikannya bisa memilih ikan platy atau ikan jenis rasbora.

Mungkin cara Dre untuk tetap menjaga kewarasan dengan membuat aquascape di tengah pandemi bisa kamu coba sobat Merah Putih. Tapi jangan lupa untuk menyisihkan sebagian uangmu untuk keperluan lain. Karena jika kamu banyak beli peralatan aquascape belum tentu kamu memiliki banyak waktu untuk memperhatikan mahluk hidup didalamnya. (joe)

Baca Juga:

Cara Pelihara Ikan Hias Air Laut Tapi Tinggal di Puncak Bogor

#Oktober Satgas Waras #Akuarium
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan