Jaga Kedaulatan NKRI, KRI I Gusti Ngurah Rai-332 Beraksi Bareng Sukhoi Su 27/30

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Rabu, 27 Maret 2019
Jaga Kedaulatan NKRI, KRI I Gusti Ngurah Rai-332 Beraksi Bareng Sukhoi Su 27/30
KRI I Gusti Ngurah Rai-338 dan Sukhoi Su 27/30 bermanuver saat latihan gabungan yang diberi sandi Latihan Perkasa B (Puspen TNI)

Merahputih.com - KRI I Gusti Ngurah Rai-332 ikut beraksi dalam latihan gabungan bersama Kosekhanudnas II Makassar, Selasa (26/3). Latihan gabungan itu diberi sandi Latihan Perkasa B dan berada dibawah Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional II/Makassar.

"Sebelum sandar di Kota Makassar, kami telah berlatih dan bergabung dengan satuan Kosekhanudnas II selama beberapa hari untuk meningkatkan kemampuan dan menguji pertahanan udara di wilayah udara bagian tengah NKRI ,dan menjaga kedaulatan NKRI sebagai fungsi penegakkan hukum di wilayah perairan laut Indonesia," ujar Henry dalam keterangan tertulis, Rabu (27/3).

Saat ini, KRI GNR-332 tengah sandar di Dermaga Hatta Makassar. Selain melibatkan KRI Gusti Ngurah Rai-332 dan pesawat tempur Sukhoi 27/30 dari Skuadron 11 Lanud Sultan Hasanuddin, latihan gabungan ini juga pesawat temput F16 dari skuadron 3 lanud Iswahyudi.

KRI GNR-332 tengah sandar di Dermaga Hatta Makassar (Dispenal)

Ada pula pesawat tempur EMB 314 dari skuadron udara 21 Lanud Domber, Satkor Koarmada II dan jajaran Satuan Radar dibawah Kosek Hanudnas II.

KRI I Gusti Ngurah Rai-332 sendiri mampu berlatih, berpatroli dan bertahan dalam serangan antar permukaan, permukaan-udara, dan permukaan-bawah laut.

"Kapal perang Kami juga memiliki mode siluman atau stealth agar tidak mudah terdeteksi," jelas Henry.

KRI I Gusti Ngurah Rai-338 dan Sukhoi Su 27/30 bermanuver saat latihan gabungan yang diberi sandi Latihan Perkasa B (Dispenal)

Kecanggihan lainnya yang dimiliki kapal yang baru bergabung dijajaran Koarmada II pada tahun 2018 ini yakni diperkuat dengan persenjataan antara lain meriam utama Oto Melara 76/62 mm super-rapid gun, rudal SSM Exocet MM40 Block 3 yang jarak jangkauannya hingga 200 km.

Persenjataan lainnya adalah rudal SAM anti-serangan udara Mica, yang dirancang untuk beroperasi dalam waktu singkat. (Knu)

#TNI #TNI AL #TNI AU
Bagikan
Bagikan