Jaga Kebersihan Alat Make-Up Kalau Tidak Mau Berakhir Seperti Ini Katie Wright (Foto: Instagram/katiewrightt)

ANDA termasuk yang suka memencet jerawat? Sebaiknya Anda berpikir dua kali setelah membaca ini. Seorang pengguna Twitter, Katie Wright, menjadi viral setelah berbagi pengalamannya memencet benjolan yang ia kira jerawat. Tanpa ia tahu, ternyata jerawat itu adalah infeksi Staph (Staphylococcus aureus), yang telah menjalar ke jaringan kulit dalam.

Sebenarnya bakteri ini Staphylococcus ini tidak berbahaya, bahkan sekitar 30 persen orang memiliki bakteri jenis ini dalam hidungnya. Namun, terkadang bakteri ini bisa menyebabkan infeksi yang berakibat fatal.

Infeksi Staph pada kulit berisiko terjadi pada orang yang memiliki luka atau goresan terbuka. Dapat pula terjadi karena kontak dengan seseorang yang tengah mengidap infeksi ini. Akibatnya, kulit memerah, bengkak, sakit, dan terkadang bernanah. Bisul, impetigo, dan selulitis adalah jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh bakteri ini.

Kemiripannya dengan jerawat batu itulah yang sering kali membuat orang berpikir untuk memencetnya, seperti yang Katie lakukan. Setelah memencet benjolan di dekat alisnya itu, seluruh wajahnya bengkak dan sakit. "Rasanya seperti ada yang mau keluar dari kulitku," tulis Katie.

katie
Kondisi Katie saat menderita infeksi Staph (Foto: Twitter/katiewright)

Ia pun masuk UGD, di mana ia didiagnosis mengalami kasus ekstrem dari selulitis. Menurut Katie, jenis infeksi Staph tersebut bisa saja menginfeksi jaringan dalam lainnya secara acak. "Karena itu di wajahku, ada kemungkinan besar itu menyebar ke otak atau mataku yang bisa menyebabkan aku buta," katanya.

Untungnya Katie pergi ke dokter sebelum infeksinya semakin serius. Dokter memberikan antibiotik intravena (disuntik melalui pembuluh darah). "Bersyukur ini akhirnya sembuh dan wajahku kembali normal," ungkap Katie.

Terkait penyebabnya, Katie menjelaskan, "Aku selalu disiplin mencuci wajah, beautyblender, kuas, tapi aku tidak pernah berpikir untuk membersihkan sikat alisku."

Nah, Sahabat MerahPutih, selain menjaga kebersihan tangan dan wajah, jangan lupa untuk juga membersihkan peralatan make-up Anda. Hindari juga memencet jerawat, ya! (*)

Simak pula info lainnya seputar make-up di sini: 4 Bahan Alami Untuk Bersihkan Make-Up Yang Membandel


Tags Artikel Ini

Asty TC

YOU MAY ALSO LIKE