Jaga Kakimu Penderita Diabetes! Waspada Kaki Penderita Diabetes (Foto: Pixabay/Myriams)

PENYAKIT yang sudah tidak asing lagi dan sangat ditakuti semua kalangan. Diabetes merupakan penyakit yang membuat tubuh tidak dapat memproduksi insulin. Penderita juga tidak dapat menggunakan insulin secara efektif.

Insulin adalah hormon yang membantu sel untuk menyerap gula. Karena insulin tidak berfungsi normal, kadar gula dalam darah dapat menjadi sangat tinggi.

Baca juga:

Rasa Lapar Pada Penderita Diabetes Dapat Sebabkan Kematian

Penderita diabetes harus memberikan perlindungan ekstra pada bagian kakinya. Tujuannya untuk menghindari dua penyakit yang kerap menyerang kaki sebagai bentuk dari komplikasi diabetes.

Seiring waktu diabetes bisa menyebabkan kerusakan syaraf yang membuat penderitanya sulit untuk merasakan sensasi di ujung-ujung syaraf mereka, seperti jari kaki. Hal ini membuat penderita terlambat menyadari jika telah terjadi iritasi pada kakinya dan meningkatkan risiko infeksi akibat luka.

selain itu, penderita juga bisa terkena penyakit arteri perifer. Diabetes memicu perubahan di pembuluh darah, termasuk arteri. Pada penyakit arteri perifer, simpanan lemak menghalangi pembuluh darah yang berada di belakang otak dan jantung. Ini mengakibatkan penyempitan pembuluh darah, yang berisiko menghambat aliran darah menuju tangan dan kaki.

Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan terhadap kakimu agar terhindar dari diabetes:


1. Cuci kaki setiap hari dengan sabun lembut dan air hangat

Lindungi Kaki Semaksimal Mungkin (Foto: Unsplash/Jan Romero)

Uji air dengan siku atau termometer untuk memastikan tidak panas (lebih dari sekitar 90 derajat Celcius). Tepuk kaki dengan lembut setelah dicuci, dan keringkan di antara jari-jari kaki. Jangan mencuci kaki dengan air panas. Itu bisa menyebabkan luka bakar.

Baca Juga:

Penyakit Berbahaya yang Disebabkan Diabetes

2. Pilih sepatu yang terbuat dari bahan yang 'bernafas', seperti kulit, kanvas, atau suede

Sepatu suede bisa dijadikan pilihan (Foto: Pexels/Markus Spiske temporausch.com)

Cari sol yang empuk untuk menyerap tekanan. Pilih sepatu dengan tali di atas sepatu, karena sepatu ini memberikan dukungan yang lebih baik. Jangan memakai sandal, sepatu hak tinggi, sandal jepit, atau sepatu dengan jari kaki terbuka atau runcing.

3. Gunakan lotion atau petroleum jelly di kaki untuk menjaga kulit tetap halus

Jangan gunakan pelembap pada jari-jari kaki (Foto: Pexels/Moose Photos)

Taburkan bubuk non-obat sebelum memakai kaus kaki dan sepatu kamu untuk menjaga kaki kamu tetap kering. Jangan gunakan pelembap di antara jari-jari kaki.

Yuk jaga kakimu agar sahabat Merah Putih terhindar dari diabetes. (nic)

Baca Juga:

6 Buah yang Baik Dikonsumsi Penderita Diabetes


Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH