Jaga Indonesia, Peserta Angkat Kotak Nilai 4 Konsesus Dasar Bangsa Acara Inisiasi Pusaka Bangsa Taplai Lemhannas-INTI. (MP/Rizki Fitrianto)

Merahputih.com - Setelah melakukan pelatihan outbond, pada malam hari para peserta Pendidikan Pemantapaan Nilai-nilai Kebangsaan (Taplai) Lemhannas INTI melakukan prosesi mengangkat kotak bertuliskan NKRI, Pancasila, UUD 1945, dan Bhineka Tunggal Ika.

Juru Bicara INTI, Lexyndo Hakim mengatakan, kotak itu bermakna mengenai 4 Konsesus dasar bangsa yang artinya masyarakat Indonesia harus menjaga Indonesia agar tak diinjak-injak oleh negara lain.

Kusuma Bangsa
Acara Inisiasi Pusaka Bangsa Taplai Lemhannas-INTI. (MP/Rizki Fitrianto)

"Angkat kotak itu namanya Pusaka bangsa harus kita jaga jangan di injak-injak," kata Lexy.

Tak hanya angkat kotak, lanjut Lexy, para peserta pendidikan Taplai juga harus melakukan mencium Bendera Merah Putih.

"Cium Bendera berarti cinta tanah air," tuturnya.

Kemudian, Lexy menuturkan, Api Unggun filosofinya bertujuan untuk membuang sifat-sifat tidak baik dari para peserta, karena mereka diperintahkan untuk menulis dikertas dan dibakar di api unggun. "Pembuangan sifat sifat sangat tidak baik dan negatif. Dengan cara api unggun," ungkap Lexy.

Jubir DODO
Juru Bicara INTI, Lexyndo Hakim (tengah) bersama jajaran pengurus INTI di kegiatan Taplai Lemhannas-INTI. (MP/Rizki Fitrianto)

Menurut Lexy, outbond ini melatih kerjasama tim dan sifat gotong royong dari kebiasaan para peserta yang sebagian besar dari pemimpin perusahaan.

"Outbond ini, dalam tanda kutip, para peserta pendidikan dihadapkan dengan tantangan yang nyata. Apalagi peserta berasal dari berbagai profesi dan latar belakang, acara outbond dari pagi sampai larut malam mereka meninggalkan semua sifat-sifat dan kebiasaannya, mungkin yang biasa perintah-perintah, dan sejnisnya, semua tidak berlaku disini, karena yang diutamakan adalah team work, soliditas, gotong royong," ungkapnya

Diharapkan para peserta Taplai nantinya dapat merapkan nilai-nilai positif hal-hal tersebut kepada masyarakat. (Asp)

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH