Jaga Aksi 212, Aparat Pengamanan Diklaim Tak Bawa Senjata Api Apel pengamanan aksi 212 oleh Polres Metro Jakarta Pusat (MP/Kanugraha)

Merahputih.com - 2.414 personel TNI/Polri diterjunkan mengamankan aksi reuni 212 di kawasan Patung Kuda hingga Istana Negara. Para personil yang berjaga juga diklaim tidak menggunakan senjata api.

"Mereka ditempatkan di seputaran aksi massa. Dalam pelaksanaan pengamanan tidak ada yang menggunakan senpi. Laksanakan tugas dengan humanis," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Heru Novianto kepada Merahputih.com, Jumat (21/2).

Baca Juga:

Teror Selasa Dini Hari, Rumah Ketum PA 212 Hancur Ditimpuki Batu!

2.414 personil itu terdiri dari 2.084 Polri dan 330 personel TNI. Sementara, peserta aksi sudah diberi arahan khusus oleh Wakapolda Metro Jaya Brigjen Wahyu Hadiningrat.

"Iya tadi sudah dilakukan apel di lapangan silang monas. Intinya kami siap melakukan pengamanan agar berjalan tertib dan lancar," jelas Heru Novianto.

Heru menambahkan, ada pengalihan arus di seputaran Patung Kuda jika massa yang terdiri dari FPI dan PA 212 itu berorasi disana. "Bisa saja ada pengalihan arus. Imbaunya kalau ramai nanti pengendara jangan melintas di seputaran itu," ungkap Heru Novianto.

Heru mempersilahkan massa itu melaksanakan aksi sesuai peraturan yang ada. Ia juga yakin aksi hari ini berjalan kondusi. "Jangan melakukan kegiatan yang menyalahi aturan," pesan Heru.

Apel pengamanan aksi 212 oleh Polres Metro Jakarta Pusat (MP/Kanugraha)

Dandim 0501/JP BS Kolonel (Inf) Wahyu Yudhayana menyatakan mendukung Polri dan mengamankan aksi ini. "Massa diminta selalu menjaga ketertiban dan keamanan," kata Wahyu Yudhayana.

Seperti diketahui, massa gabungan dari Front Pembela Islam (FPI), GNPF Ulama, dan Alumni Persaudaraan (PA) 212 akan menggelar aksi di depan Istana Negara, Jumat (21/2). Mereka sebelumnya bakal mengadakan sholat jumat bersama di kawasan Patung Kuda.

Massa akan berunjuk rasa terkait masalah korupsi yang ada di Indonesia. FPI mengklaim telah mengantongi Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP) dari Polda Metro Jaya terkait aksi tersebut.

Baca Juga:

Besok PA212 Maunya Ketemu Pihak Istana, Bukan Mahfud MD

Berdasarkan Surat Tanda Terima Pemberitahuan bernomor STTP/01/II/2020Dit.Intelkam yang dikirim oleh Munarman, aksi massa terpusat di silang Monas Barat Daya/Patung Kuda, Jakarta Pusat dan di depan Istana Negara, Jakarta Pusat.

"Peserta unjuk rasa berkumpul di parkir IRTI Monas kemudian langsung menuju silang Monas Barat Daya/Patung Kuda dan depan Istana Negara," tulis surat pemberitahuan tersebut. (Knu)



Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH