Jadwal Siaran Langsung dan Lokasi Debat Capres-Cawapres Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan jadwal penyiaran debat capres-cawapres Pemilu 2019 setelah melakukan pengundian di kantor KPU RI, Rabu (26/12). Foto: @KPU_ID

MerahPutih.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan jadwal penyiaran debat capres-cawapres Pemilu 2019 setelah melakukan pengundian di kantor KPU RI, Rabu (26/12). Nantinya, debat akan disiarkan langsung oleh televisi nasional.

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan, berdasarkan masukan tim sukses kedua paslon berikut pertimbangan jangkauan saluran TV yang belum semuanya mencakup seluruh Indonesia, maka debat akan disiarkan secara langsung.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan jadwal penyiaran debat capres-cawapres Pemilu 2019 setelah melakukan pengundian di kantor KPU RI, Rabu (26/12). Foto: @KPU_ID

"Oleh karena itu dilakukan live bersama (group TV) untuk menjangkau cangkupan Indonesia," kata Arief Budiman di kantor KPU, Jakarta, hari ini.

Adapun jadwal gruping TV yang akan menyiarkan secara langsung debat sebagai berikut.

-Debat pertama, 17 Januari 2019, digelar di Hotel Bidakara, Jakarta. Stasiun TV yang akan menyiarkan adalah TVRI, RRI, Kompas TV dan RTV. Adapun tema yang diangkat terkait isu Hukum, HAM, Korupsi dan Terorisme.

-Debat kedua, 17 Februari 2019 di Hotel Sultan, Jakarta. Stasiun TV yang akan menyiarkan RCTI, GTV, MNC TV, dan Inews TV. Tema debat akan membahas energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup serta infrastruktur.

-Debat ketiga, 17 Maret 2019, digelar di Hotel Sultan, Jakarta. Stasiun TV yang akan menyiarkan Trans TV, Trans 7 dan CNN Indonesia TV. Tema yang diangkat soal pendidikan, kesehatan, Ketenagakerjaan, sosial dan kebudayaan.

-Debat keempat, 30 Maret 2019, tempat dan lokasi debat belum ditentukan. Stasiun TV yang menyiarkan Metro TV, SCTV, dan Indosiar. Tema yang diangkat ideologi, pemerintahan, pertahanan dan keamanan, dan Hubungan Internasional.

-Debat kelima, waktu dan tempat belum ditentukan. Stasiun TV yang menyiarkan TVOne, ANTV, Berita Satu dan Net TV. Tema yang diangkat ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan dan investasi, serta perdagangan dan industri. (Fdi)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH