Seni

Jadwal Lengkap Ragam Aktivitas di 'DKJ FEST' 2023

Febrian AdiFebrian Adi - Rabu, 21 Juni 2023
Jadwal Lengkap Ragam Aktivitas di 'DKJ FEST' 2023
DKJ FEST 2023 suguhan beragam program menarik. (Foto: Merahputih.com/Febrian Adi)

SEMPAT hiatus lantaran pandemi, DKJ FEST akhirnya digelar lagi. Acara ini garapan Dewan Kesenian Jakarta (DKJ). Festival ini wujud dari rangkuman program dari seluruh komite seni di Dewan Kesenian Jakarta.

Festival ini jadi bentuk upaya dan kerja-kerja penguatan ekosistem seni yang semakin tangguh. Selain itu, festival bertujuan menjaga kepentingan publik seni dari Komite Seni Rupa, Komite Film, dan Komite Tari DKJ.

“Kegiatan yang kami selenggarakan ini melibatkan ekosistem dan komunitas untuk menjadi pembelajaran yang baik bagi para penggiat seni ataupun orang-orang yang menikmati kesenian,” ucap Wakil Ketua 1 DKJ, Hikmat Darmawan, dalam konferensi pers yang digelar di dalam Teater Wahyu Sihombing, Selasa (20/6).

Baca juga:

'DKJ Fest 2023' kembali Digelar

DKJ FEST 2023 digelar. (Foto: Merahputih.com/Febrian Adi)

Mengambil tajuk ‘KELINDAN : Meretas Kahar Ekosistem Seni’, DKJ FEST 2023 mencoba mengartikan sebuah pribahasa ‘lalu penjahit, lalu kelindan’ yang bermakna, apabila ikhtiar awal berhasil, kerja berikutnya pun akan berjaya.

“Seperti adanya sinergi, sinambung, dalam makan itu. Sebagai nomina, 'kelindan' berarti benang yang baru dipintal, juga berarti benang yang sudah dimasukkan ke dalam lubang jarum untuk menjahit. Sebagai verba, 'berkelindan' berati erat menjadi satu,” tambah Hikmat.

Dalam penyelenggaraannya tahun ini, DKJ FEST 2023 menyuguhkan Pameran Arsip dan Koleksi DKJ dengan tajuk "Pekan, Pesta, Festival: Bermula dari Cikini Raya 73", Pameran Maestro Film Indonesia "Silang Visual: Film dan Seni Rupa Grafis", Pekan Koreografi Indonesia, Interdisipliner, Unboxing Tari, Diskusi, Pemutaran Film, dan Lokakarya.

DKJ FEST 2023 dapat dinikmati publik sepanjang 20 Juni–7 Juli 2023 di area Gedung Trisno Soemardjo dan Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

Komite Seni Rupa punya gawean Pameran Arsip dan Koleksi DKJ bertajuk "Pekan, Pesta, Festival: Bermula dari Cikini Raya 73". Kuratornya Esha Tegar Putra. Pameran ini menyuguhkan 59 poster, 5 koleksi lukisan, 118 foto, arsip audio, dan arsip surat.

Pameran ini merupakan distribusi pengetahuan sekaligus bentuk pertanggungjawaban Dewan Kesenian Jakarta kepada publik seni terkait pengelolaan dan pendayagunaan Arsip koleksi DKJ dengan baik.

Sementara Komite Film menggelar Pameran Maestro Film Indonesia yang bertajuk “Silang Visual: Delsy dalam Film dan Seni Rupa”. Pameran ini mengangkat tokoh film dan seni rupa Indonesia, Delsy Sjamsumar. Dia tokoh inovatif, tapi terlupakan.

Arsip dan kenangan tentang kekaryaan Delsy terserak di luar lingkar seni. Kekaryaan mencakup bidang grafis, ilustrasi, komik, jurnalistik, hingga produksi film. Arsip itu kemudian dicari dan diseleksi oleh tim kurasi dan riset Komite Film DKJ.

Pameran ini dilaksanakan sebagai pintu awal kajian wilayah luar penyutradaraan atau penulisan dalam sejarah film Indonesia. Kurator pameran adalah Yuki Aditya (direktur festival film Arkipel).

Bersama tim riset yang dibantu banyak pihak, Yuki menyajikan sebuah bingkai awal untuk membaca Delsy sebagai wujud silang visual sejarah kesenian modern kita.

Tak kalah menarik, Komite Film menyelenggarakan Sayembara Menulis Kritik Film untuk meningkatkan percakapan dan obrolan sesama penggemar film menjadi dikursus kritis. Juga mengupayakan pengetahuan publik tentang sinema.

Pendaftaran Sayembara Menulis Kritik Film dibuka sejak 7 April dan berakhir pada 26 Mei 2023. Panitia menerima 702 karya.

Baca juga:

DKJ Umumkan Pemenang Sayembara Naskah Teater (Rawayan Awards) 2022

Penjurian dilakukan oleh Kafein (Pengkaji Film Indonesia), Seno Gumira Ajidarma (Penulis, Akademisi), Eric Sasono (Peneliti Independen), dan Yulia Evina Bhara (Produser Film). Malam Anugerah Sayembara Kritik Film akan diadakan bersamaan dengan penutupan DKJ Fest, 5 Juli 2023 di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki.

Di ruang yang lain, Komite Tari Dewan Kesenian Jakarta menggelar Pekan Koreografi Indonesia, Unboxing Tari, dan Artistic Development. Pekan Koreografi Indonesia menyajikan pertunjukan dari lima Institusi Seni di Indonesia: Institut Kesenian Jakarta (IKJ), Institut Seni Indonesia (ISI Surakarta), Institut Seni Indonesia (ISI Yogyakarya), Institut Seni Indonesia (ISI Padang Panjang), dan Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI Tanah Papua).

Sementara itu, Unboxing Tari menghadirkan Lecture Performance oleh Melati Suryodarmo pada 5 Juli 2023 pukul 19.00 WIB di Graha Bhakti Budaya. Artistic Development adalah Lokakarya tertutup selama empat hari, 26–30 Juni, yang kemudian dipresentasikan secara publik tanggal 1 Juli 2023 pukul 19.00 WIB di Teater Wahyu Sihombing. (Far)

Baca juga:

Program Imajitari International Dance Film Festival 2018 Diakhiri dengan Malam Penghargaan

#Dewan Kesenian Jakarta #Pameran Seni #Cikini #Taman Ismail Marzuki
Bagikan
Ditulis Oleh

Febrian Adi

part-time music enthusiast. full-time human.
Bagikan