Jadwal Kedatangan Pesawat Samadikun Hartono Molor  Samadikun Hartono (foto: www.kejari,negara.go.id)

MerahPutih Nasional - Pelarian Samadikun Hartono harus berakhir tahun 2016. Buronan Kejaksaan Agung (Kejagung) dalam kasus penyelewengan dana Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) itu terjadi sejak dirinya diputus bersalah oleh Mahkamah Agung pada tahun 2003 silam.

Tertangkapnya mantan Presiden Komisaris PT Bank Modern Tbk itu merupakan hasil kerjasama Badan Intelijen Negara (BIN) dengan Kejagung. Jaksa Agung HM Prasetyo beserta jajarannya dan para pejabat BIN sudah menunggu kedatangan buron kelas kakap itu di bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (21/4) malam.

Humas BIN, Kolonel Ruminta mengatakan Samadikun akan tiba di bandara Halim Perdanakusuma dari Tiongkok pukul 21:00 WIB. Kemudian, akan langsung diserahkan ke Kejagung pukul 21:30 WIB, namun hingga berita ini diturunkan pesawat yang membawa Samadikun belum tiba. Padahal, awak media sudah menunggu kedatangan Samadikun di bandara Halim Perdanakusuma sejak pukul 18:00 WIB.  

Seperti diketahui, Samadikun divonis bersalah dalam kasus penyalahgunaan dana talangan dari Bank Indonesia atau BLBI senilai Rp2,5 triliun yang digelontorkan ke Bank Modern menyusul krisis finansial 1998. Kerugian negara yang terjadi dalam kasus ini sebesar Rp169 miliar.

Berdasarkan putusan Mahamah Agung (MA) tertanggal 28 Mei 2003, Samadikun dihukum empat tahun penjara. Tapi, saat akan dieksekusi ia sudah kabur keluar negeri. 

Selain Samadikun, Kejaksaan Agung masih mengejar buronan lain, di antaranya, Lesmana Basuki, Eko Edi Putranto, Hary Matalata, Hendro Bambang Sumantri, Hesham al Warraq, dan Rafat Ali Rizvi. (Abi)

BACA JUGA:

  1. Tiba di Tanah Air, Samadikun Hartono Langsung Ditahan di Kejaksaan
  2. UPDATE-Buron Kasus BLBI Samadikun Hartono Ditangkap di Tiongkok
  3. Takut Terseret Korupsi BPJS, Bupati Subang Suap Jaksa Kejati Jabar
  4. KPK Bakal Periksa Bos Agung Sedayu Group Aguan
  5. Dalam Sehari KPK OTT Dua Kasus Korupsi

 



Luhung Sapto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH