Jadwal Buka Tutup di Kawasan Gronggong Cirebon di Malam Tahun Baru Bukit Gronggong (Foto: MP/Mauritz)

MALAM pergantian tahun rasanya akan lengkap jika sambil menikmati indahnya langit yang dipenuhi oleh kembang api. Orang-orang pun berbondong-bondong menuju tempat yang pas untuk menikmati pesta kembang api. Hal ini seolah sudah menjadi tradisi ketika malam pergantian tahun tiba.

Banyak sekali spot yang menarik untuk menikmati pesta kembang api. Untuk wilayah Cirebon, spot yang kebanyakan menjadi favorit adalah di Bukit Gronggong. Kamu akan melihat lampu-lampu pemandangan kota Cirebon dari atas ketinggian. Semua spot kembang api di Kota Cirebon, bisa terlihat dari atas bukit ini.

Baca juga:

Keraton Kasepuhan Tetap Menjadi Favorit Para Pelancong

Malam pergantian tahun baru di cirebon akan dibuat buka tutup jalan (Foto: MP/Mauritz)
Malam pergantian tahun baru di cirebon akan dibuat buka tutup jalan (Foto: MP/Mauritz)

Namun, ada satu hal yang harus diperhatikan ketika mau menikmati pesta kembang api dari atas bukit Gronggong Kabupaten Cirebon. Karena, untuk menuju tempat ini harus melalui satu-satunya jalur Cirebon-Kuningan yang cukup sempit dan berkelok-kelok.

Apalagi, pada malam tahun baru yang jatuh pada 31 Desember 2019 nanti, tentunya banyak juga orang yang ingin pergi ke Bukit Gronggong. Alhasil, kemacetan pun tak terhindarkan.

Baca Juga:

Melancong di Musim Liburan, Perhatikan Hal Ini

Demi mengantisipasi kemacetan, Polresta Cirebon melakukan upaya untuk mengurainya. Contohnya seperti pukul 18.00 WIB hingga 20.00 WIB, kendaraan besar tidak boleh lewat kawasan Bukit Gronggong. Karena itu, jika hendak ke Gronggong menggunakan kendaraan besar seperti bus, otomatis tidak boleh lewat.

Banyak yang ingin pergi ke Bukit Gronggong (Foto: MP/Mauritz)
Banyak yang ingin pergi ke Bukit Gronggong (Foto: MP/Mauritz)

Kemudian, pada pukul 20.00 WIB hingga 22.00 WIB, kendaraan roda empat tidak diperbolehkan lewat. Untuk itu, jika mau ke kawasan Gronggong menggunakan mobil, diupayakan sebelum pukul 20.00 WIB.

Sedangkan pada pukul 22.00 WIB ke atas, semua kendaraan tidak boleh lewat. Sehingga, buat pengunjung yang mau menikmati malam tahun baru di Gronggong, harus berjalan kaki menuju ke atas.

Karena itu, supaya tidak terkena macet ataupun kendaraan diperbolehkan melewati Gronggong, maka diupayakan jauh-jauh hari sudah stand by atau lewat. Karena, jika sudah memasuki malam, kendaraan tidak boleh lewat.

Baca Juga:

Fobia-Fobia yang Diidap Pelancong

Tulisan dari Mauritz kontributor merahputih.com untuk wilayah Cirebon dan sekitarnya.

Kredit : mauritz

Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH