Jadilah Green Traveller, Mudah Kok! Jadilah green traveler yang ikut menjaga lingkungan. (Foto: MP/Greg Bondi)

MELANCONG sebaiknya jangan sekedar melancong. Bawalah misi pribadi yang berdampak positif pada tempat tujuan dan lingkungan. Istilah kerennya adalah Green Traveler. Apa itu? Menurut laman Destinasi Indonesia, green traveler adalah wisatawan yang ikut bertanggungjawab terhadap kelestarian lingkungan.

Apa yang harus dilakukan? Sulitkan menjadi green traveler? Mudah saja! Kamu bisa dimulai dari hal-hal kecil seperti mengurangi penggunaan tisue, tidak mencetak kode booking yang di kirim via email alias cukup menunjukan lewat telepon genggam. Kemudian ikut menjaga kebersihan lingkungan atau membuang sampah pada tempatnya. Sebenarnya hal-hal yang dianggap sepele yang sangat mudah untuk dilakukan.

Mau jadi green traveler, begini caranya seperti yang dibeberkan oleh Destinasi Indonesia.

Saat booking

travel
Pelajari rute pesawat dengan baik. (Foto: flyexaero)


1. Sebaiknya melakukan riset rute yang paling cepat tanpa transit sampai ke tujuan. Harus diingat bahwa pesawat terbang merupakan penyumbang terbesar emisi karbon. Jumlah karbon terbesar saat mengudara dan landing.


2. Ada baiknya kamu memeriksa komitmen operator, bila memakai jasa mereka, terhadap kepedulian lingkungan. Misalnya pengembangan komunitas lokal sekitar obyek yang dituju.


3. Begitu juga dengan hotel tempat menginap, bagaimana kegiatan ramah lingkungan yang dilakukan.

Sebelum Pergi

travel
Ada baiknya mempelajari satu-dua kata bahasa lokal. (Foto: Pexels/Oleksandr Pidvalnyi)


1. Sebaiknya mempelajari beberapa kata di tempat yang dituju untuk menunjukkan rasa menghargai pada masyarakat setempat.


2. Jangan membawa perlengkapan tidak penting, Terutama jika kamu bertujuan untuk hiking atau camping. Pastikan kamu tidak banyak membuang sampah sembarangan.


3. Tanyakan pada operator tour tentang menjadi traveler yang bertanggungjawab di tempat tujuan wisata kamu. Bisa jadi mereka memiliki saran terbaik dari kebiasaan.


4. Seorang traveler biasanya memelajari banyak hal, seperti budaya, interaksi dengan masyarakat, kuliner atau hal lainnya. Jadilah traveler yang bertanggungjawab dengan ikut menjaga kelestarian lingkungan.

Di Tempat Wisata

travel
Dukunglah ekonomi lokal. (Foto: Pexels/Ruslan Platinium)

1. Belilah produk dan suvenir yang jelas-jelas mendukung masyarakat lokal.

2. Pakailah pemandu lokal agar bisa belajar lebih banyak dan memberikan mereka penghasilan.

3. Pelajari dengan seksama beragam produk yang ditawarkan. Hindari produk yang menggunakan bahan dilindungi.

4. Hargai tempat suci masyarakat setempat, bila ragu, lebih baik tak usah masuk.

5. Gunakan transportasi umum, sepeda, atau berjalan kaki bila memungkinkan. (*)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH