Jadi Tuan Rumah G20, 33 Ribu Tenaga Kerja Bakal Terlibat

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Rabu, 15 September 2021
Jadi Tuan Rumah G20, 33 Ribu Tenaga Kerja Bakal Terlibat
Presiden Joko Widodo. (Foto: Sekretariat Presiden)

MerahPutih.com - Menjadi tuan rumah atau Presidensi G20, Indonesia akan meningkatkan konsumsi domestik hingga Rp 1,7 triliun, penambahan PDB hingga Rp 7,47 triliun dan pelibatan tenaga kerja sekitar 33 ribu di berbagai sektor.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut, prediksi tersebut, diharapkan secara agregat akan naik hingga 1,5-2 kali lipat dari pertemuan IMF World Bank tahun 2018 lalu. Hal tersebut dikarenakan di bawah Presidensi Indonesia terdapat 150 pertemuan yang berlangsung selama 1 tahun atau selama 12 bulan.

Baca Juga:

Jokowi Tunjuk Airlangga Pimpin Sherpa Track G20

"Ini juga menjadi momentum menampilkan keberhasilan reformasi struktural yang antara lain dengan Undang-Undang Cipta Kerja dan tentunya akan mendorong confidence dari investor global untuk percepatan pemulihan ekonomi dan mendorong kemitraan global yang saling menguntungkan," katanya.

Selain memberikan dampak kepada perekonomian Indonesia, Airlangga menyampaikan Presidensi G20 juga membawa dampak pada pembangunan sosial karena Indonesia berpeluang mendorong topik terkait dengan produksi dan distribusi vaksin.

KTT G20
KTT G20 Jerman. (Foto: setkab.go.id)

"Kita terus mendorong agar vaksin ini menjadi global public goods dan juga aksesibilitas bagi masyarakat Indonesia dan negara berkembang yang berpendapatan rendah,” ujarnya.

Dengan Presidensi G20, Indonesia akan mendorong koordinasi kebijakan global yang berkontribusi terhadap tata kelola dunia yang seimbang, membuat G20 adaptif terhadap krisis, memperjuangkan kepentingan nasional di forum global termasuk antara lain isu-isu transformasi digital dan ekonomi inklusif.

Tak hanya itu, lanjut ia, pemerintah menekankan pentingnya sinergi dan koordinasi kuat antara kementerian yang dan lembaga yang terlibat dalam 16 working group dan elemen non pemerintah serta masyarakat sipil dan madani yang terlibat di dalam 10 engagement group. (Asp)

Baca Juga:

Bertukar Dengan India, Indonesia Tuan Rumah KTT G20 di 2022

#KTT G20 #G20 #Indonesia #Jokowi
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan