Jadi Tersangka, Imam Nahrawi Memang Harus Mundur dari Kursi Menteri Menpora Imam Nahrawi (ANTARA FOTO)

MerahPutih.com - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD mengapresiasi sikap tersangka kasus penerimaan dana hibah Menpora Imam Nahrawi yang mundur dari jabatannya. Sebab, hal itu adalah bentuk pertanggungjawaban moralnya sebagai seorang pejabat.

"(Mundur) Itu keharusan, kan sudah menjadi tersangka harus mendorong yang lain mundur, dan sudah mundur, ndak apa. Saya sudah sering bertemu dengan Imam Nahrawi. Saya mengingatkan hadapi semua ini kalau Anda benar, Insya Allah baik," imbuh Mahfud kepada wartawan, Jumat (20/9).

Baca Juga

Menpora Imam Nahrawi Terima Suap Rp26,5 Miliar

Mahfud mengaku belum berkomunikasi dengan Imam Nahrawi usai ditetapkan tersangka. "Belum, tapi sebelum ini saya sering berkomunikasi," lanjutnya

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi. (MP/Rizki Fitrianto)
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi. (MP/Rizki Fitrianto)

Ia sendiri berharap Imam selalu tegar dalam menghadapi proses hukum. Sebab, dengan itulah perkara ini bisa diungkap.

"(Imam Nahrawi) Sahabat saya yang baik, mudah-mudahan kuat, sabar dan berani, tegar menjalani proses hukum," kata Ketua Gerakam Suluh Kebangsaan ini.

Baca Juga

Menpora Imam Nahrawi Tiga Kali Mangkir Saat Penyelidikan Suap dan Gratifikasi

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK karena diduga menerima uang sebesar Rp26,5 miliar sebagai bentuk comitment fee pengurusan proposal yang diajukan KONI kepada Kemenpora.

Total dugaan penerimaan Rp26,5 miliar diduga commitment fee atas pengurusan proposal hibah yang diajukan KONI ke Kemenpora, terkait Ketua Dewan Pengarah Satlak Prima dan penerimaan lain yang berhubungan dengan jabatan selaku Menpora.

Uang itu diterima secara bertahap yakni sebesar Rp14,7 miliar dalam rentang waktu 2014-2018 melalui asisten pribadinya, Miftahul Ulum yang juga menjadi tersangka dalam perkara ini. Imam juga diduga meminta uang Rp11,8 miliar dalam rentang waktu 2016-2018

Baca Juga

Imam Nahrawi Tersangka Korupsi, PKB: Kami Hormati Proses Hukum

Imam sendiri menyatakan mundur dan berharap penggantinya kelak bisa lebih baik dan suci darinya. (Knu)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH