Jadi Sukarelawan Banyak Keuntungannya! Menjadi volunteer membuatmu menyadari beberapa hal yang kamu dapatkan setelah mengikuti komunitas itu. (Foto: Pixabay/Axe77)

BUAT kamu yang saat ini statusnya mahasiswa atau yang masih mencari tahu tentang dunia perkuliahan, kamu bisa menyimak nih! Dalam dunia perkuliahan, kampus menjadi sumber ilmu dan berbagai kegiatan yang dapat memperluas wawasan kamu.

Maka dari itu, setelah lulus dari kampus tersebut diharapkan mahasiswa bisa beradaptasi dan berbaur pada dunia kerja dan sosial. Menjadi sukarelawan atau kerennya volunteer dapat mengembangkan kemampuan sebelum memasuki dunia kerja yang sebenarnya. Dirangkum dari berbagai sumber, ringkasan berikut dapat menjadi bahan pertimbangan kamu.

Baca Juga:

4 Pekerjaan Menyenangkan dengan Upah Fantastis, Tertarik?

1. Mengasah keahlian

kerja
Menjadi sukarelawan dapat mengasah kemampuan kamu. (Foto: Pixabay/Geralt)

Komunitas volunteering berdiri karena sebuah tujuan, dan setiap individu diberikan tanggung jawab dan tugas. Kamu bisa mengeluarkan kemampuan terbaik disini, mengusulkan ide cemerlang sampai pengalaman kamu untuk mengasah diri sesuai kemampuan dan tugas yang kamu kerjakan.


2. Menambah kepercayaan diri

kerja
Menjadi volunteer membuatmu harus berinteraksi dengan siapapun, hal itu membuatmu makin percaya diri. (Foto: Pexels/Mentatdgt)

Apa kamu pernah menyadari hal ini? Jika menjadi sukarelawan menuntut harus sering bergaul dengan siapa pun. Kalau kamu sudah terbiasa ini akan membuat rasa kepercayaan diri meningkat. Apalagi saat dihadapkan pada wawancara kerja atau orang yang tak kamu kenal. Nah profesionalitas kamu akan dapat dikembangkan dalam dunia sukarelawan.


3. Menambah pengalaman

kerja
Manfaat lainnya bisa menambah pengalaman yang bisa kamu cantumkan di CV. (Foto: Pexels/Tear Cordez)

Beberapa organisasi dan komunitas menyediakan jabatan tertentu yang diemban oleh sukarelawan. Seperti, fotografer, desain grafis, PR, dan social media marketing. Kalau kamu tergabung dalam komunitas dan organisasi ini, saat lulus kamu boleh mencantumkan di CV sebagai sebuah pengalamanmu. Sama sekali tidak rugi kan?


Baca Juga:

Pekerjaan-Pekerjaan ini Paling Menjanjikan untuk 5 Tahun Ke Depan

4. Memperbesar peluang mendapatkan pekerjaan

kerja
Mengikuti Komunitas Volunteer bisa memperbesar mendapat peluang pekerjaan lho. (Foto: Pexels/ThisIsEngineering)

Pengalaman kamu menjadi volunteer memang bisa dicantumkan dalam CV dan memperbesar peluangmu mendapatkan pekerjaan. Biasanya perusaahaan akan memiliki pandangan dan menilai kamu sudah terbiasa berinteraksi dengan orang lain, memiliki kemampuan tertentu yang bisa jadi tengah dicari oleh pemberi kerja. Hal tersebut mendukung dirimu untuk mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan.


5. Jejaring

kerja
Dapat memperluas koneksi pertemanan dan mendapat kesempatan baru yang tak terduga. (Foto: Pexels/Fauxels)

Menjadi sukarelawan memang diharuskan terhubung dengan banyak orang, bahkan dengan orang yang belum dikenal. Meskipun demikian kamu dapat menjalin hubungan dengan pertemanan dan koneksi baru. Dari sini, kita dapat memperluas koneksi pertemanan dan menemukan kesempatan-kesempatan baru yang tak terduga.

6. Bersyukur

kerja
Menjadi volunteer membuat kita selalu bersyukur dan banyak yang membutuhkan bantuan kita. (Foto: Pexels/Gratisography)


Keinginan tulus untuk membantu sesama harus tumbuh dalam jiwa sukarelawan. Sikap ini yang membuatmu berpikir bahwa banyak orang yang membutuhkan bantuanmu. Ini akan membuatmu selalu bersyukur atas anugrah Tuhan yang telah diberikan kepadamu. (fld)


Baca Juga:

Langkah Praktis, Pekerjaan Impian Menjadi Kenyataan


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH